Musim Hujan Telah Tiba, Ini 6 Cara Agar Rumah Tetap Bersih

MEDAN (DPR)
RUMAH merupakan cerminan kepribadian kita, terlihat dari kerapihan dan kebersihannya. Maka dari itu kita harus merawat serta menjaga keadaan rumah dalam cuaca apapun.

Cuaca yang paling menyebalkan adalah saat musim hujan, dan sangat menguras tenaga kita untuk selalu membersihkan rumah di setiap waktu. Saat air hujan dan cipratan tanah meninggalkan noda di sekitar rumah dan sulit untuk dihilangkan, butuh tenaga yang ekstra membersihkannya kemballi.

Kondisi lantai yang bersih di dalam rumah pun menjadi terlihat sangat kotor dengan adanya jiplakan kaki yang lembap dari luar rumah. Apalagi wanita pekerja, mungkin waktu dan tenaga Anda sangat terbatas untuk membersihkan seluruh sudut rumah dan barang-barang yang terkena air hujan.

Oleh karena itu Anda sangat membutuhkan beberapa tips dan trik mudah untuk menjaga rumah agar tetap bersih pada musim hujan. Yang dilansir dari Boldsky, Kamis (4/10/2019).

  1. Jangan gunakan karpet

Karpet yang Anda gunakan di dalam rumah saat musim hujan, akan menimbulkan kuman dan kotoran. Bahkan karpet pun akan terasa lembap setiap hari, untuk melaundry-nya pun perlu waktu yang lama. Jika Anda tidak menggunakan karpet akan lebih mudah untuk mengepel lantai dengan cepat.

  1. Lindungi furniture

Jauhkan furniture yang terbuat dari kayu atau bahan apapun yang bisa rusak jika terkena air. Simpan dan pindahkan furniture di tempat yang jauh dari pintu atau jendela, supaya tidak terkena cipratan air hujan.

  1. Ganti gorden dengan warna gelap

Noda pada hordeng yang berwarna cerah, pasti akan sangat terlihat dari cipratan air hujan yang masuk melalui sela-sela jendela atau pintu rumah. Sangat boros jika Anda harus mengganti dan mencucinya setiap hari di musim hujan.

  1. Selalu sediakan alas kaki

Sediakan alas kaki agar setiap orang yang ingin masuk ke dalam rumah kakinya kering. Alas kaki yang tebal dapat menyerap banyak air, sehingga Anda tidak perlu terlalu sering untuk menggantinya dengan yang baru.

  1. Taruh barang basah di rak khusus

Saat musim hujan, sementara pindahkan rak Anda di depan teras rumah. Hal ini untuk menyimpan barang seperti jas hujan dan payung, yang tidak boleh dibawa masuk ke dalam rumah. Karena semua itu akan menyebabkan lantai dalam rumah becek.

  1. Menyetok pembersih rumah

Selama musim hujan, Anda mungkin harus menyetok produk pembersih lantai lebih sering untuk menjauhkan dari kotoran dan juga kuman. Jadi saat hujan turun Anda tidak perlu repot pergi keluar rumah hanya untuk membeli pembersih lantai.

(dpr/bd)