Dedu

Pekan Kebudayaan Nasional Akan Digelar Oktober, Berikut Agendanya.

JAKARTA (dpr)- Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) akan dilaksanakan pada 7-13 Oktober 2019 mendatang di Istora Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta. Perhelatan akbar yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan (Kemendikbud) ini mengambil tema “Ruang Bersama Indonesia Bahagia” Tema ini mengacu pada lagu Indonesia Raya stanza kedua “Marilah Kita Mendoa, Indonesia Bahagia.”

Pekan Kebudayaan Nasional akan dilaksanakan perdana pada tahun ini. Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan dalam keterangan tertulis, inspirasi dari terciptanya PKN ini adalah perhelatan Asian Games 2018 yang lalu. Oleh karena itu melalui Kongres Kebudayaan Indonesia pada tahun 2018 dicetuskan untuk menyelenggarakan kegiatan serupa dalam konteks kebudayaan.

Berikut kegiatan-kegiatan yang bisa kamu ikuti di Pekan Kebudayaan Nasional.

Pasanggiri

Pasanggiri merupakan kompetisi permainan rakyat Indonesia yang diselenggarakan dalam rangka memajukan tradisi kebudayaan Indonesia. Kompetisi ini dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat desa, kabupaten/kota, serta provinsi. Permainan rakyat yang akan dikompetisikan dalam agenda ini antara lain, Hadang, Egrang, Terompah Panjang, dan Lari Balok.

Sawalawicara

Kegiatan ini nantinya akan bersifat konferensi yang mengangkat tema tentang kemajuan kebudayaan. Diharapkan akan menjadi pencerahan publik dalam mempersiapkan perencanaan pembangunan yang berbasis kebudayaan, serta menghidupkan wacana inovasi di bidang kemajuan kebudayaan. Dalam agenda Sawalawicara akan menghadirkan ragam kegiatan seperti kuliah umum, seminar, lokakarya, pidato kebudayaan, peluncuran buku, dan lain-lain.

Pergeleran

Pergelaran Budaya Karya Anak Bangsa akan menggalang partisipasi para pelaku budaya di seluruh Indonesia untuk unjuk gigi dalam meramaikan Pekan Kebudayaan Nasional. Akan ada tiga tema besar pergelara nantinya, yakni : Nusantara dalam Jejak-Jejak Rahasia, Eksplorasi seni pinggiran, dan Eksplorasi Kolaboratuf.

Pameran

Dengan tema “Membangun Kreasi, Melampaui Kompetisi”. pameran dalam Pekan Kebudayaan Nasional akan menjadi ruang belajar-mengajar yang mengangkat objek budaya di seluruh Indonesia, seperti cagar budaya, objek warisan tak benda, dan benda-benda seni yang akan dilengkapi dengan teknologi pencitraan serta narasi yang menunjang tampilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *