Dfinance Dgov Dnews Headline National Politics

Laju Pertumbuhan Ekonomo di Sumut Makin Tertekan Bila Terjadi Demo Anarkis


MEDAN (DPR)

Kepala Perwakilan Bank Indonesi (BI) Provinsi Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat menyebut dampak unjuk rasa anarkis seperti yang terjadi beberapa waktu terakhir di Tanah Air termasuk di Medan. Kondisi ini bisa berakibat buruk terhadap inflasi dan investasi.
Menurut Wiwiek, jika elemen buruh melakukan unjuk rasa atau demo, kalau sifat unjuk rasanya sementara dan tidak mengganggu produksi dan pasokan komoditi yang diperlukan oleh masyarakat, misalnya cabai, bawang dan lainnya, tentu akan sangat kecil pengaruhnya kepada inflasi.


“Namun , jika demo buruh sampai anarkis dan menyebabkan kerusuhan, sampai pengusaha atau serta toko-toko tutup, bahkan membuat perusahaan berhenti produksi. Itu bisa memberikan tekanan inflasi dan ekonomi,´ kata Wiwiek Widayat, ketika dimnta pendapatnya, Jumat (4/10/ 2019).


Bahkan, ungkap dia, kondisi tersebut akan membuat investor menjadi khawatir dan ragu untuk tetap menanamkan modal usahanya di Sumut jika demo tersebut sering dilakukan oleh buruhnya.


“Pada prinsipnya aksi demo kalau frekuensinya sering terjadi akan membuat investor takut untuk menanamkan modalnya,” tandas Wiwiek ketika pendapatnya tersebut dikaitkan dengan aksi buruh di Sumatera Utara di depan gedung DPRD Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol, Medan pada Rabu 2 Oktober 2019 yang lalu. (dpr/is)

Japs
Conception

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *