Dworld

Bagaimana Jaringan 5G Akan Mengubah Masa Depan Pertanian

5G berpotensi mengganggu sejumlah besar industri, termasuk salah satu yang tertua di dunia: Pertanian.Jaringan 5G generasi berikutnya dapat 100 kali lebih cepat dari 4G, membuat komunikasi antara perangkat dan server menjadi lebih cepat. 5G juga dapat membawa lebih banyak data daripada jaringan lain.


Itu membuat teknologi ini ideal untuk mengirimkan informasi dari sensor jarak jauh dan drone, alat utama yang sedang diuji oleh petani. 5G juga membantu mengotomatiskan proses pertanian. Drone yang menggunakan 5G membantu meningkatkan produksi kentang di Belanda. Dan di Jepang, sensor 5G digunakan untuk memantau suhu air dan konsentrasi garam pada peternakan tiram.

Inisiatif Inggris 5G RuralFirst meluncurkan aplikasi smartphone pada bulan Maret bernama Me + Moo, yang memungkinkan petani melacak sapi yang “terhubung” dan menerima pembaruan harian tentang kesehatan dan perilaku hewan itu. Sistem, yang sedang diuji pada sapi di Agri-Epi Centre di Somerset, Inggris, sebagian didanai oleh hibah pemerintah Inggris dan didukung oleh perusahaan teknologi Cisco (CSCO).

Sapi-sapi memakai kerah yang terhubung dengan 5G yang mengirim data ke aplikasi pada segala hal mulai dari apa yang mereka makan hingga bagaimana mereka tidur. Petani dapat melihat info tersebut secara instan, dan meneruskannya ke dokter hewan atau ahli gizi.


“Ini memberikan ketenangan pikiran bahwa sapi-sapi itu bahagia, sehat dan berperilaku normal, serta peringatan dini jika mereka sakit, hamil atau perlu diperiksa,” kata manajer proyek Duncan Forbes.


Bagaimana 5G akan membuat kehidupan sehari-hari lebih baik
Bagaimana 5G akan membuat kehidupan sehari-hari lebih baik Penginjil 5G berpendapat bahwa karena pertanian mencakup area yang luas yang sulit untuk dipantau, sektor pertanian berada pada posisi yang baik untuk mendapatkan manfaat dari pengumpulan data jarak jauh.


Teknologi ini dapat membantu sistem irigasi menyala pada waktu yang optimal, atau ternak digembalakan di area yang menyediakan nutrisi terbaik. Dengan meningkatkan efisiensi, akan dimungkinkan untuk menghasilkan lebih banyak makanan.
Namun untuk membuat perbedaan, 5G pertama-tama harus dipasang di daerah pedesaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *