Dedu

Ikatan Duta Bahasa Sumut Siap Luncurkan Majalah Rubana Edisi Pertama

MEDAN(DPR)-Duta Bahasa merupakan program tahunan yang di gagas oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2007. Dalam perkembangannya Duta Bahasa telah menjadi sebuah wadah organisasi di tiap provinsi di bawah naungan Balai Bahasa Provinsi yang ada di Indonesia.

Ikatan Duta Bahasa Sumatera Utara sendiri dibentuk pada tahun 2018 sebagai wadah dari anak-anak muda Sumatera Utara yang diharapkan mampu memberikan edukasi pada remaja lainnya dengan mengedapankan Bahasa Indonesia, melestarikan Bahasa Daerah, serta menguasai Bahasa Asing.

Pembuatan majalah yang mengedukasi tentang penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan salah satu dari Program Kerja Ikatan Duta Bahasa Sumatera Utara. Majalah yang diberi nama Rubana atau akronim dari ‘Rupa Bahasa Anak Muda’ ini diharapkan mampu memberikan pengajaran seputar bahasa dan sastra daerah yang ada di Sumatera Utara.

Arie Armanda, selaku Ketua Umum Ikatan Duta Bahasa Sumatera Utara mengucapkan syukur telah selesainya proses cetak majalah ini. Arie menuturkan nantinya majalah ini akan dibagikan ke sekolah-sekolah dan komunitas yang ada di Sumatera Utara sebagai pengenalan Ikatan Duta Bahasa Sumatera Utara serta memberikan ruang kreasi bagi anak muda Sumatera terkait penulisan karya sastra.

Saat ini Ikatan Duta Bahasa Sumatera Utara dalam proses pelanjutan edisi kedua majalah Rubana, majalah kedua ini nantinya akan ditargetkan terbit di bulan November 2019. (Arie)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *