Dworld

NBA Menunda Acara Pers Ditengah Pertengkaran yang Memburuk Dengan China

Medan (DPR) – NBA tiba-tiba membatalkan acara pers yang dinanti-nantikan untuk Brooklyn Nets dan Los Angeles Lakers di Shanghai, upaya terbaru untuk menahan apa yang dengan cepat menjadi krisis besar setelah seorang pejabat tim men-tweet dukungan protes pro-demokrasi di Hong Kong.

Tweet itu membuat liga bola basket berselisih dengan pemerintah komunis China – dan sekarang mengancam akan merusak hubungannya selama puluhan tahun dengan negara itu dan jutaan penggemarnya.
Badai api itu dimulai Jumat ketika Manajer Umum Houston Rockets Daryl Morey mengirim tweet yang berisi seruan unjukrasa protes populer “Fight for Freedom. Stand with Hong Kong.”

Tweet itu, meskipun dengan cepat dihapus, menghasilkan reaksi keras di China, di mana protes Hong Kong telah dibingkai di media pemerintah sebagai gerakan kemerdekaan yang didukung asing. NBA dan Komisaris Adam Silver awalnya dikritik di AS karena tidak secara paksa membela hak Morey untuk kebebasan berbicara.

Silver dan liga mengeluarkan pernyataan yang lebih kuat yang mendukung Morey dan hak atas ekspresi individu Selasa, hanya untuk menarik kemarahan Beijing, serta sponsor utama Tiongkok dan mitra komersial.
Konferensi pers hari Rabu telah dipublikasikan secara luas di China, di mana banyak yang ingin mendengar apa yang dikatakan Lakers, LeBron James, tentang kehebohan.


James dianggap sebagai bintang terbesar NBA dan wajah globalnya. Dia juga salah satu advokat yang paling blak-blakan tentang masalah sosial. James sebelumnya menggunakan selebritasnya untuk berbicara tentang topik-topik yang ia sukai secara pribadi seperti pendidikan masa kanak-kanak dan ketidakadilan rasial.


Lakers dan Nets berada di China untuk memainkan dua pertandingan pramusim dan berpartisipasi dalam beberapa acara bersama penggemar dan komunitas. Acara komunitas Nets hari Selasa dan malam penggemar NBA hari Rabu juga dibatalkan. Acara-acara itu seharusnya menampilkan pemain-pemain dari Nets dan Lakers serta selebritas Tiongkok.


Federasi Olahraga Shanghai mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa itu membatalkan malam penggemar “karena komentar yang tidak pantas dari General Manager Houston Rockets Morey dan komentar yang tidak pantas dari Komisaris NBA Adam Silver.”


Tidak jelas apakah permainan akan tetap berjalan sesuai rencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *