Tips Mempersiapkan Diri Jelang Ujian Nasional

Badan Standar Nasional Pendidikan telah menetapkan jadwal pelaksanaan Ujan Nasional yakni pada awal tahun 2020. Pada saat ini memang Ujian Nasional masih dipandang sebagai tolok ukur dan evaluasi pembelajaran bagi siswa di Bangku Sekolah.

Sebagai seorang siswa tentu mendapat nilai yang memuaskan pada Ujian Nasional nanti adalah sebuah kebanggaan tersendiri, terlebih Ujian Nasional bukan ujian yang mudah dihadapi, butuh persiapan yang matang untuk dapat mengerjakan soal-soal nantinya. Untuk itu kami merangkum tips yang bisa kamu ikuti jelang persiapan Ujian Nasional nantinya.

  • Membuat Rencana Pembelajaran
    Dalam menghadap Ujian Nasional, kamu memang harus dituntut untuk lebih giat dalam belajar, oleh karena itu membuat rencana pembelajaran sangat dibutuhkan dalam menghadapi Ujian ini nantinya. Rencana belajar ini bisa kamu laksanakan dengan memperhatikan beberapa aspek seperti : Materi apa yang akan dipelajari setiap hari, durasi belajar, target yang ingin dicapai setelah mempelajari materi, serta catatan evaluasi agar pemahaman kamu tentang materi yang dipelajari semakin meningkat.

  • Menjaga Pola Tidur
    Sepele memang, tapi menjaga pola tidur penting dilakukan agar badan kamu tetap fit setiap harinya untuk meningkatkan kinerja otak. Untuk remaja seusia pelajar, rentang waktu tidur yang baik adalah 7-8 jam setiap harinya. Namun tidur yang ideal bukan hanya soal durasi, tapi juga seberapa kualitas tidur kamu.

  • Banyak Konsultasi Dengan Guru
    Kamu tentu butuh guru untuk sebuah materi pembelajaran yang telah kamu pelajari, jangan ragu untuk mengkonsultasikan kepada guru hal-hal yang belum kamu ketahui mengenai pembelajaran. Guru mata pelajaran akan membantu kamu memahami apa yang belum kamu pahami. Selain gutu kelas, guru bimbingan konseling juga harus sering diajak konsultasi untuk menjadi teman curhat setelah kamu belajar keras.

  • Perbanyak Latihan Soal
    Soal-soal yang sering kamu anggap sulit tentunya akan semakin menyulitkan kamu di Ujian Nasional nanti jika tidak dipersiapkan secara matang, oleh karena itu setelah belajar mengenai materi dan teori, kamu harus sering pula mengerjakan latihan-latihan soal. Dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal, kamu dapat mengukur sejauh mana kamu memahami materi yang sudah kamu pelajari.

Post Author: arie

Tinggalkan Balasan