Pers Kampus Kawal Sikap Kritis Mahasiswa

MEDAN(DPR)- Pers kampus hingga saat ini masih menjadi lembaga pers yang dianggap independent dan berimbang dalam menyajikan sebuah berita. Sikap dan karakter idealis mahasiswa diharapkan mampu menjadi ujung tombak dalam menyajikan informasi tanpa kepentingan.

Salah satu fungsi dan tugas dari pers kampus tentu untuk tetap mengawal pergerakan dan sikap kritis mahasiswa agar tidak tergerus oleh sifat dan sikap pragmatis. Menjadi mahasiswa tentu menjadi agen perubahan dalam menentukan arah bangsa kedepan.

Pimpinan Redaksi Lembaga Pers Mahasiswa Dinamika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (LPM Dinamika UINSU) M. Hisyam Syahdani ketika diminta pendapatnya menyebutkan bahwa Pers Mahasiswa menjadi sebuah oase untuk membangun budaya nalar berpikir kritis terutama di kalangan mahasiswa, tugas utama sebagai penyampai informasi baik masalah kampus dan luar tentu bukan saja menjadi bagian dari peran pers sebagai penyampai informasi kepada masyarakat.

lebih lanjut beliau menyebut “lebih dari itu sebagai wadah bagi mahasiswa dalam tugasnya mengawal kebijakan-kebijakan kampus khususnya dan penyampai kegelisahan mahasiswa dalam isu-isu nasional. Sebab daya kritis terhadap masalah kampus akan sulit terbuka jika tidak disulut dengan naras-narasi berpikir yang kritis dari mahasiswa kampusnya sendiri, tentu dalam ranah pers sebagai alatnya.” ujarnya. (Arie)