Presiden Jokowi Dukung Bahasa Indonesia Mendunia

MEDAN (DPR)- Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia. Dengan di sahkannya peraturan tersebut, Presiden Republik Indonesia seolah ingin menegaskan bahwa bahasa bangsa ini haruslah menjadi salah satu bahasa Internasional.

Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2019 ini pada dasarnya nyaris sama dengan Peraturan Daerah Sumatera Utara Nomor 8 Tahun 2017 tentang perlindungan bahasa dan sastra daerah.

Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara Dr. Maryanto, M.Hum dalam keterangan tertulis cukup mengapresiasi upaya pemerinta dalam memartabatkan Bahasa Indonesia.

Kepala Balai Bahasa Sumut Dr.Maryanto.,M.Hum

Maryanto juga menyebut berdasarkan perpres ini hal-hal yang wajib menggunakan Bahasa Indonesia antara lain :
Peraturan Perundan-undangan, dokumen resmi negara, pidato resmi presiden dan wakil presiden, serta pejabat negara lain, bahasa pengantar dalam pendidikan nasional, pelayanan administrasi publik, forum yang bersifat nasional maupun internasional, komunikasi resmi lingkungan kerja pemerintah dan swasta, laporan setiap lembaga kepada instansi pemerintahan, penamaan Geografi, bangunan atau gedung, jalan, apartemen atau pemukiman, perkantoran, kompleks perdagangan, merek dagang, lembaga usaha, lembaga pendidikan, serta organisasi yang didirikan oleh Warga Negara Indonesia atau Badan Hukum Indonesia. (Arie)

Post Author: arie

Tinggalkan Balasan