Idaham Ingkar Indomaret Dan Alfamart Masih Menjamur

BINJAI (DPR) – Pedagang kios kecil di Kota Binjai ‘menjerit’. Ini karena pusat perbelanjaan modern seperti Indo Maret dan Alfa Mart tumbuh subur seperti jamur di musim hujan di Kota Binjai. Hal ini tentunya sangat mengganggu keberadaan kios – kios kecil. Janji pun ditagih kepada Walikota Binjai HM Idham, karena pada saat kampanye lalu berjanji akan menertibkan ijin Indo Maret dan Alfa Mart/ Alfa Midi.

Dari penelusuran dproperty.co.id, gerai – gerai perbelanjaan modern tersebut telah mengepung 5 kecamatan di Kota Binjai. Letaknya pun saling berdekatan. Seperti yang terlihat di Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Binjai Kota, dan Jalan Gatot Subroto Kecamatan Binjai Barat, jarak antara gerai yang satu dengan yang lainnya hanya berkisar 100 hingga 200 meter saja.

Kondisi inilah yang membuat kios – kios kecil ‘megap-megap’, nyaris tutup. “Hancur kami pengusaha kecil ini. Sejak ada Alfamart dan Indomaret, usaha kami sepi. Jelas kami kalah,” ucap Sulastri , salah seorang pemilik kios tradisional.

Sulastri mengatakan, sebelum menjamurnya Indomaret dan Alfamidi, dirinya masih bisa memperoleh penghasilan yang cukup lumayan. “Sebelumnya masih untung dari usaha kecil ini. Bisalah bantu-bantu biaya sekolah anak. Tapi sekarang, saya hanya bisa pasrah,” ungkap ibu empat anak ini sembari coba mencari peluang dari usaha lainnya.

Dengan kondisi ini, Sulastri pun mendesak Walikota Binjai HM Idaham agar menepati janji-janjinya untuk menertibkan gerai-gerai perbelanjaan tradisional. “Kami memohon agar walikota menertibkan dan membatasi izin usaha Alfamart dan Indomart di Kota Binjai ini. Seperti janji pak Idaham sewaktu debat Pilkada di tivi sebelumnya, agar para pelaku usaha kecil seperti kami tidak bangkrut dan merugi,” imbuhnya.

Terpisah, menyikapi kondisi ini, Ketua Pengawas KSU Syariah Oditor Nyaman Kota Binjai Muhri Fauzi Hafiz, dengan tegas menyatakan agar Walikota Binjai untuk menepati ucapanya pada saat debat calon walikota Binjai pada Pilkada lalu. Ia menyatakan, sebagai kota kecil semestinya Pemerintah Kota Binjai lebih memprioritas pada peningkatan kemampuan bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), selain dengan program pendampingan.

“Salah satu peningkatan kemampuan bersaing dari kios-kios kecil adalah membatasi berdirinya gerai pasar modern, seperti Alfamart dan Indomaret,” sebut Muhri Fauzi Hafiz.

(japs)