7 Langkah Gunakan Jasa Kontraktor

  1. Mintalah Staf dari kantor dapur untuk mengukur secara tepat dan lengkap area dapur yang akan dirancang. Ukuran mencakup panjang, lebar, serta tinggi ruangan yang berfungsi untuk menentukan kitchen set yang akan digunakan.

  2. Perhatikan Material yang ditawarkan untuk membuat dapur. Material ini mencakup material penyusun kitchen set, lantai, hingga dinding. Kriteria utama dari material yang akan dipilih adalah yang tahan panas, tahan uap, mudah dibersihkan, tidak licin, dan tidak bertekstur kasar karena dapat melukai pengguna.

  3. Jika memungkinkan, pesanlah kontraktor dapur untuk membuat lebih dari satu rancangan. Hal ini berfungsi untuk mendapatkan perbandingan serta perspektif dapur yang akan dibuat. Tapi, memesan lebih dari satu desain akan berdampak pada tambahan biaya yang harus dikeluarkan.

  4. Faktor keamanan menjadi hal yang cukup viral dalam perencanaan dan perancangan dapur. Selain material yang tepat, juga diperlukan pemilihan piranti serta aksesori tambahan yang diperlukan untuk menjaga tetap aman. Mintalah sistem keamanan yang terintegrasi dengan pihak berwenang seperti pemadam kebakaran jika memungkinkan.

  5. Tanyakan jangka waktu pengerjaan dapur yang telah dipesan. Mengetahui jangka waktu akan berguna untuk mengetahui kapan dapur akan selesai dikerjakan. Jika dapur yang dibuat adalah baru bersamaam dengan pembangungna rumah, maka tak menjadi masalah besar. Berbeda halnya jika ini adalah renovasi ruangan dapur lama. Pada kondisi ini harus dipikirkan bagaimana dan seberapa lama kegiatan memasak dan kegiatan memproduksi makanan harus dialihkan.

  6. Pastikan kontraktor dapur memberikan masa garansi jasa pembuatan. Hal ini sangat berguna jika dapur sudah jadi tapi kemudian terjadi beberapa kerusakan instalasi seperi keran air mampet, atau colokan yang tak mengalirkan listrik, karena kontraktor yang paling tahu jaringannya, bukan?

  7. Setelah semua hal ditanyakan, maka tanyakanlah rincian biaya yang diperlukan. Mintalah rincian biaya-biaya tersebut hingga bagian terkecil seperti peranti dapur, kitchen seat, hingga jasa tukang. Jika anggaran tidak cukup banyak, konsultasikan pada kontraktor, pos biaya mana saja yang bisa dikurangi agar sesuai dengan anggaran. Ingat, jangan sampai mengurangi segi keamanan karena keberadaannya sangat penting untuk menjaga agar tetap selamat. (Rie/MSR)