Hari Ulos Nasional, Gubsu : “Mari Ikat Persatuan Sumut dengan Ulos”

“Kalau membesarkan ulos, berarti kita ikut membesarkan Sumatera Utara yang kita cintai ini, Mari jaga persatuan, kita bangun Sumut ini, mari kita ikat dengan ulos,” ucap Gubsu Edy Rahmayadi, saat menghadiri Perayaan Hari Ulos Nasional 2019 di Lapangan Merdeka, Medan, Kamis (17/10).
.
.
Ulos saat ini telah ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda. Status tersebut ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 17 Oktober 2014. Sejak itu setiap tanggal 17 Oktober dirayakan sebagai hari ulos nasional.
.
.
Namun, hal tersebut masih perlu gaung yang lebih besar. Serta melibatkan seluruh masyarakat Sumatera Utara. Ulos hanya bisa dibesarkan oleh masyarakat Sumatera Utara sendiri. Apalagi ulos sudah ada sejak 4000 tahun lalu. Hal tersebut bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumatera Utara.
.
.
“Ini harus kita besarkan, kalau bukan kita siapa lagi, Seseorang yang membesarkan nama ulos, berarti sedang ikut membesarkan Sumut. Sebab ulos merupakan kebudayaan Sumatera Utara yang harus dijaga dan dilestarikan. Sehingga generasi masa depan masih melanjutkan dan melakukan budaya tenun ulos.” tegas Gubsu kepada para hadirin yang hadir. (Rie/Rel)