Ini 5 Langkah Jokowi 5 Tahun Kedepan

JAKARTA (DPR) – Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menilai pidato Presiden Joko Widodo sudah cukup jelas dan berani dalam mengambil langkah yang diperlukan lima tahun mendatang.

“Saya pikir cukup jelas, itu semua ada penekanan penekanan sejak awal mulai menyatakan siap untuk bekerja dan siap untuk bagaimana pun mengambil langkah-langkah yang dianggap perlu,” kata Surya Paloh di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Menurut ia, apabila kebijakan berhenti di tempat atau tidak sesuai dengan rencana yang telah dijanjikan, berarti ada yang salah dengan para menteri terkait.

“Jadi saya harapkan bagaimana pun juga administrasi produk tahap pemerintahan kedua ini harus bisa lebih baik lah, output kinerjanya dengan yang sudah dicapai,” ujar dia.

Diketahui, ada lima prioritas yang akan dikerjakan di pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Pertama, pembangunan SDM, supaya terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kedua, pembangunan infrastruktur akan dilanjutkan. Infrastruktur yang menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi yang mempermudah akses ke kawasan wisata, mendongkrak lapangan kerja baru, dan mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat.

Ketiga, segala bentuk kendala regulasi harus disederhanakan, dipotong, serta dipangkas.

Keempat, penyederhanaan birokrasi harus terus dilakukan besar-besaran. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan. Prosedur yang panjang harus dipotong. Birokrasi yang panjang harus dipangkas.

Kelima, transformasi ekonomi yang akan dikerjakan adalah transformasi dari ketergantungan pada sumber daya alam.(japs/aku)