Pengusaha Minta Para Menteri Baru Tunjukkan Kompetensi

JAKARTA(DPR) – Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan industri Indonesia (Kadin) Bidang Hubungan Internasional, Shinta Widjaja Kamdani meminta menteri-menteri baru di bidang ekonomi untuk dapat menunjukkan kompetensi. Sebab tantangan yang dihadapi di masa sekarang dan masa depan sangatlah berat. Apalagi kondisi ekonomi global masih menunjukkan perlambatan.

“Di kabinet yang sekarang, ada beberapa menteri yang sudah perform dan dipilih kembali seperti Sri Mulyani, Bambang Brondjonegoro, dan Basuki Hadimuljono. Kemudian beberapa juga dari kalangan anak muda. Ini sesuai dengan janji presiden untuk membawa anak-anak muda di dalam kabinetnya,” kata Shinta Kamdani di acara Kongkow Bisnis PasFM, di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

“Kami selalu mengatakan, sebetulnya bukan dari usia. Yang utama adalah apakah jabatannya itu sesuai dengan kapasitasnya. Sebab memimpin sebuah kementerian itu berbeda sekali dengan memimpin perusahaan,” kata Shinta menambahkan.

Untuk wajah-wajah baru dalam tim ekonomi, Shinta juga berharap agar mereka dapat beradaptasi dengan cepat dan harus bisa langsung “berlari”.

“Mereka harus improve themself. Bukannya kami memandang negatif mereka. Tentu mereka juga harus diberi waktu untuk menunjukkan kemampuannya. Tetapi dalam kondisi yang berat seperti saat ini, kalau mau cepat berlari ya harus langsung kerja. Kalau masih harus beradaptasi satu dua tahun, kita akan ketinggalan,” tuturnya.

Shinta juga sangat menantikan terobosan yang akan dilakukan Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sebab selama ini salah satu permasalahan besar di dunia tenaga kerja adalah tidak sesuainya apa yang dipelajari di bangku sekolah atau kuliah dengan kebutuhan industri.

“Kita belum tahu kemampuan Nadiem bagaimana. Yang penting link and match ini harus berjalan,” ujar Shinta.