Tips Investasi Properti Buat Pemula

MEDAN (DPR) – Properti sering dijadikan instumen investasi yang menjanjikan. Jika dibandingkan dengan investasi emas, obligasi, atau saham, properti lebih aman dan menguntungkan.

Managing Director Lamudi.co.id, Mart Polman menjelaskan, salah satu jenis properti yang banyak jadi sasran investasi adalah rumah. Dengan kekurangan pasokan yang masih besar, setiap orang tentu membutuhkan rumah sebagai tempat tinggal.
“ Para investor biasanya mencari keuntungan dengan cara menjual kembali rumah atau disewakan,” kata Mart.

Rumah Pondok Mansion, Rumah Siap Huni Hanya dengan DP Rp2 Juta

Namun investasi properti tak semudah membalik telapak tangan. Apalagi jika kamu masih berstatus investor pemula. Perlu makan asam garam untuk bisa menikmati untung dari produk ini.

Eits, jangan patah semangat dulu. Meski masih junior, kamu bisa menjadi investor properti unggul. Caranya tentu saja dengan mengetahui trik agar rumah yang kamu beli bisa menguntungkan.

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah menentukan lokasi. Sudah jadi rahasia para investr properti jika lokasi adalah kunci keberhasilan dari investasi rumah. Jadi carilah rumah yang berada di lokasi yang strategis.

Pilihlah lokasi rumah sesuai dengan target pembeli atau penyewa. Contohnya, jika menargetkan calon penyewa dari kalangan mahasiswa, kamu bisa mencari rumah dekat dengan universitas, jika menargetkan penyewa dari karyawan
Kedua, memeriksa kondisi rumah.

Agar cepat laku terjual, ada baiknya jika kamu juga mengecek kondisi rumah, karena tidak ada pembeli yang ingin membeli rumah dengan keadaan rusak bukan?

Muhri Fauzi Hafiz Ajak Masyarakat Dukung Spin Off UUS Bank Sumut

Ketiga, jangan lupa memperhatikan faktor keamanan karena ini berpengaruh terhadap minat membeli. Untuk itu, sebaiknya jangan membeli rumah di lokasi yang rawan dan kejahatan.

Keempat, legalitas rumah. Jangan terburu nafsu melihat keindahan rumah. Pastikan juga kelengkapan surat-suratnya. Agar di kemudian hari tidak muncul sengketa. Hal ini sangat penting dan harus menjadi perhatian

Kelima, carilah informasi yang mendukung. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai lokasi rumah. Apakah ada proyek pemerintah dalam daerah tersebut?

Misalnya, dibangun sutet dan jalan layang. Hal ini pasti mengganggu proses investasi kamu.(japs/bes)