GNPF Ulama Sumut Dukung Bank Sumut Segera Lakukan Spin Off

MEDAN (DPR) – Desakan kepada Bank Sumut untuk segera melakukan proses spin off unit usaha syariah (UUS) menjadi badan usaha syariah (BUS) juga mendapat dukungan dari tokoh agama Islam. Diantaranya Ketua GNPF Ulama Sumatera Utara, Hariansyah.

Menurut Hariansah, keberadaan bank syariah akan membantu menentramkan umat Islam yang khawatir terjerat tiba.

“Dalam pemikiran kami, nanti suatu saat ketika kita bicara tentang perbankan bisa tenteram, karena tidak lagi memikirkan hal-hal yang riba. Pilihannya tidak lain, selain bank syariah,” ujarnya, baru-baru ini.

Sebelumnya, desakan spin off ini menggelinding setelah salah seorang tokoh perbankan syariah, Muhri Fauzi Hafiz mengharapkan PT Bank Sumut untuk segera melakukan proses pemisahan unit usaha syariah menjadi badan umum syariah. Sebab perkembangan perbankan syariah saat ini cukup menggairahkan. Untuk itu, menurut Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Kota Binjai ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara selaku pemegang saham pengendali PT Bank Sumut, tidak perlu ragu untuk segera mendesak jajaran direksi PT Bank Sumut untuk memprioritaskan proses tahapan spin off unit usaha syariah menjadi badan umum syariah. Sebab ini nantinya akan berdampak pada dibukanya lapangan pekerjaan.

Ditambahkannya, di Sumatera utara cukup banyak universitas negeri dan swasta yang membuka program studi ekonomi syariah, dimana salah satu jurusan yang selalu diminati oleh para mahasiswa baru di kampus-kampus itu adalah jurusan perbankan syariah.

“Dengan fakta ini, Sumut tidak akan kehabisan sumber daya manusia yang akan bekerja di bank syariah, sehingga tidak ada alasan bagi pihak PT Bank Sumut untuk tidak menyusun segera roadmap proses spin off,” ungkap Muhri Fauzi.

Baca juga:Muhri Fauzi Hafiz Ajak Masyarakat Dukung Spin Off UUS Bank Sumut

Ia juga meyakini, kampus – kampus dari universitas negeri dan swasta yang punya jurusan perbankan syariah pasti akan mendukung proses spin off tersebut.

“Spin off ini juga akan membuka lapangan pekerjaan yang baru bagi lulusan perbankan syariah. Dengan demikian, ini sesuai dengan visi misi pak Gubernur Edi Rahmayadi untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang baru guna mengurangi pengangguran,” sebut Muhri Fauzi.(japs/bes)