Molor, Pengumuman CPNS 2019 Tunggu Kemenpan RB

JAKARTA (DPR) – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menginformasikan bahwa pengumuman penetapan formasi dan pengumuman pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dikabarkan pada Oktober 2019.

Untuk penetapan formasi telah diumumkan sejak Kamis (24/10/2019). Disebutkan ada 5 formulasi yang dibuka, yakni guru, dosen, pegawai kesehatan, pegawai fungsional, dan pegawai teknis lainnya.

Perinciannya yakni

Guru: 63.324
formasi Dosen: 2.194
formasi Pegawai kesehatan: 31.756
formasi Pegawai fungsional: 28.767
formasi Pegawai teknis lainnya: 2.194 formasi.


Belum Ada Kabar

Namun, untuk pengumuman pendaftaran CPNS masih belum ada kabar terbarunya. Padahal menurut jadwal pelaksanaan seleksi CPNS 2019, pengumuman pendaftaran harusnya diumumkan pada tanggal 25 Oktober 2019.

“Selasa-Jumat ini kami lakukan bimbingan teknis kepada admin instansi untuk setting dll di situs SSCASN. Semoga setting tersebut selesai sebelum pengumuman resmi penerimaan CPNS 2019 keluar,” ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan kepada Kompas.com, Sabtu (26/10/2019).

Sementara itu, pihak BKN telah menanyakan mengenai tanggal keberlangsungan pengumuman pendaftaran online. Tetapi, belum ada jawaban dari pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Masih Menunggu

“Dari sisi BKN, Insya Allah siap. Tinggal instansi yang harus menyelesaikan semua settingan admin SSCASN dan menyiapkan format pengumuman jika sewaktu-waktu pengumuman resmi disampaikan oleh Menpan-RB,” ujar Ridwan.

Selain itu, Ridwan mengungkapkan bahwa mengenai informasi terkait pendaftaran CPNS ini, panitia seleksi nasional (panselnas) harus berkoordinasi dengan Menteri PAN-RB yang baru.

Apalagi Menteri PAN-RB yang baru juga harus diberi waktu untuk mempelajari dan mengambil keputusan dalam waktu singkat.

Menurut jadwal pelaksanaan CPNS 2019, setelah pembukaan pendaftaran secara online, maka pemerintah akan mengumumkan hasil seleksi administrasi pelamar pada Desember 2019.

Kemudian, pada pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dijadwalkan berlangsung pada Januari 2020.

Adapun hasil SKD itu rencananya diumumkan pada Maret 2020 diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi bidang (SKB).

Atas banyaknya informasi yang beredar, Ridwan mengungkapkan kepada masyarakat agar tetap memantau informasi resmi mengenai CPNS 2019 di website dan media sosial instansi penerima formasi dan portal SSCASN.(japs/kps)