8 Tips Membeli Gudang di Kota Medan

MEDAN (DPR) – Gudang merupakan tempat yang berfungsi sebagai penyimpanan produk atau barang. Gudang biasanya digunakan untuk mengurangi biaya transportasi dan mempermudah dalam mengkoordinasikan permintaan barang.

Agar bisnis berjalan lancar, perlu beberapa pertimbangan dalam memilih gudang. Untuk itu Anda harus mengetahui berbagai tips memilih gudang untuk melancarkan distribusi produk atau barang. Berikut tipsnya:

1. Lokasi

Lokasi gudang sangat mempengaruhi biaya distribusi produk Anda. Semakin strategis letaknya, maka semakin memudahkan Anda untuk mendistribusikan barang. Contoh tempat yang strategis adalah di pinggir jalan raya yang aksesnya tidak jauh dari inti kota dan pintu tol.

2. Konsep Bangunan Gudang

Carilah gudang yang memiliki konsep yang state of the art atau konsep kekinian yang dilengkapi dengan kantor 2 lantai. Konsep bangunan yang multifungsi dapat dijadikan showroom, studio, ekspedisi, kantor, gudang, workshop, home industry, pusat distribusi, sekaligus tempat tinggal.

3. Konstruksi Bangunan

Dalam memilih bangunan gudang, Anda juga harus teliti kondisi konstruksi bangunan tersebut. Konstruksi yang baik adalah memiliki pondasi tiang pancang, lantai cor dengan wiremesh, tinggi dinding minimal 9 meter serta tinggi tombak layar 11 meter. Sehingga dapat digunakan untuk penambahan rak/mezzanine yang dapat memaksimalkan penyimpanan barang anda. Pilihlah juga bangunan yang memiliki green concept yang dilengkapi dengan seng transparan untuk pencahayaan alami matahari.

8 Tips Membeli Gudang di Kota MedanFoto: Dok. Paragon

4. Fasilitas Komplek Pergudangan

Fasilitas yang lengkap juga harus menjadi pertimbangan anda dalam memilih gudang. Security 24 jam, jalan paving block, penerangan jalan, timbangan truk, penghijauan dan CCTV keliling komplek adalah contoh fasilitas yang memadai sehingga operasional penyimpanan barang anda aman dan nyaman.

5. Sertifikat

Kelengkapan dokumen seperti sertifikat merupakan hal terpenting dalam hal membeli gudang. Sehingga hak pemanfaatan atas tanah dan bangunan jelas sebagai bukti kepemilikan.

6. Pengembang/Developer

Carilah pengembang atau developer yang baik dan bertanggung jawab. Untuk mengetahui ini, Anda bisa melihatnya dari track-record yang mereka miliki, berpengalaman dengan proyek -proyek sebelumnya dan harus memiliki margin error yang sangat minim.

7. Maintenance/Perawatan

Pastikan lingkungan komplek aman, bersih, asri, bebas banjir, bebas kuli bongkar muat dan tidak ada pungutan liar, biaya maintenance yang sesuai dan terjangkau.

8. Cermati Harga Gudang

Cermati harga gudang yang akan Anda beli apakah sesuai dari segi lokasi, lingkungan, kualitas bangunan dan dapat merupakan investasi yang tepat dalam pembelian gudang.

8 Tips Membeli Gudang di Kota MedanFoto: Dok. Paragon

Dari 8 tips dalam membeli gudang di Kota Medan tersebut, hanya dapat ditemui di Pergudangan Paragon yang beralamat di Jl. Asrama/Pondok Kelapa-Medan. Letaknya yang strategis hanya 500 meter menuju gerbang tol Medan-Binjai dan berada di Pusat Bisnis inti Kota Medan, dengan gudang yang sudah siap pakai.(Fauzi/bes)

Post Author: fauzipohan

Tinggalkan Balasan