Ajukan IMB, Ini 14 Dokumen yang Harus Disiapkan

JAKARTA (DPR) – Dokumen Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) merupakan syarat penting yang perlu dimiliki sebelum mendirikan bangunan gedung. Sistem perizinannya pun semakin mudah. Apalagi saat ini pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyediakan sistem layanan baru berbasis digital yang dikenal dengan SIMBG.

Bila dahulu dilakukan secara konvensional, kini dengan hadirnya inovasi teranyar ini masyarakat dimudahkan untuk mengakses perizinan IMB dari mana pun dan kapan pun.

Namun sebelum melangkah lebih lanjut ke tahap proses pengajuan izin, ada 14 berkas yang perlu diketahui sebagai syarat permohonan IMB. Berkas-berkas tersebut harus dipersiapkan dengan seksama dan diurutkan secara terperinci agar proses pengajuan menjadi lebih efisien.

Baca juga: Permudah Layanan Keimigrasian, Wagub Sumut Resmikan Peluncuran E-Paspor

Direktur Bina Penataan Bangunan Diana Kusumastuti mengatakan dari 14 berkas tersebut terdapat dua berkas yang cukup penting untuk dipahami yaitu dokumen rencana arsitektur dan berkas hasil penyelidikan tanah.

“Dokumen rencana arsitektur atau gambar arsitektur wajib dilengkapi karena sebagai gambaran detail perencanaan sebuah bangunan yang memuat informasi mengenai luasan, bentuk bangunan gedung, dan lain-lain,” kata Diana dalam keterangan tertulis, baru baru ini.

Diana menambahkan perlu juga dilengkapi dengan perhitungan strukturnya sehingga dapat diketahui kekuatan bangunan gedung. Selain itu dari gambar ini dapat dinilai kesesuaian bangunan gedung terhadap peraturan terkait.

“Selain itu, berkas hasil penyelidikan tanah (data kondisi atau situasi tanah) juga hal penting. Dokumen ini harus dilengkapi karena untuk mengetahui kemampuan daya dukung tanah sehingga bisa dinilai kesesuaian antara daya dukung tanah dengan pilihan struktur bangunan gedung (struktur atas dan struktur bawah),” kata Diana.

Baca juga: REI: Properti Butuh Lebih dari Penurunan Suku Bunga Acuan BI

Seluruh bangunan gedung wajib memiliki IMB sebelum memulai proses konstruksi. Selain itu juga harus memiliki SLF (Sertifikat Laik Fungsi) sebelum pemanfaatan. Dengan pemahaman ini, masyarakat didorong untuk mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan untuk
mengajukan IMB.

Berikut ini 14 berkas persyaratan yang harus dipersiapkan:
1. Formulir data pemohon
2. Dokumen identitas pemohon (KTP)
3. Surat bukti status hak atas tanah
4. Data kondisi atau situasi tanah
5. Surat pernyataan bahwa tanah tidak dalam sengketa
6. Fotokopi Keterangan Rencana Kota (KRK)
7. Surat pernyataan untuk mengikuti ketentuan dalam KRK
8. Surat pernyataan menggunakan perencana konstruksi bersertifikat
9. Surat pernyataan menggunakan pelaksana konstruksi bersertifikat
10. Surat pernyataan menggunakan pengawas /manajemen konstruksi
11. Formulir data umum bangunan gedung
12. Dokumen rencana teknis arsitektur
13. Dokumen rencana teknis struktur
14. Dokumen rencana teknis utilitas

Post Author: Dpr 5

Tinggalkan Balasan