Jelang Pembukaan Pendaftaran CPNS, Masyarakat Diminta Waspadai Penipuan

MEDAN (DPR) – Menjelang pembukaan pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), masyarakat diminta berhati-hati dengan munculnya berbagai macam modus penipuan.

Jelang dibukanya penerimaan CPNS, sejumlah pihak mengingatkan agar masyarakat tidak percaya terhadap siapapun yang menjanjikan dapat meloloskan menjadi seseorang menjadi PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Tidak ada peluang untuk seseorang yang menawarkan jasa atau bisa mengusahakan untuk lolos, apabila nilainya di bawah batas minimal,” kata Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, baru baru ini.

Menurut Ridwan, dalam proses ujian penerimaan CPNS tidak ada celah bagi seseorang untuk membantu meloloskan. Sebab, ujian dilakukan secara massal dan menggunakan computer assisted test (CAT). “Dengan tes yang dilakukan secara massal dan menggunakan komputer atau disebut CAT, maka nilai bisa langsung diketahui saat itu juga setelah tes berlangsung. Bagi yang di bawah ambang batas otomatis tidak lolos,” ujar Ridwan.

Untuk menghindari penipuan, masyarakat diminta untuk memperhatikan ketentuan dan syarat penerimaan CPNS. Ketentuan dan syarat dapat dilihat di situs web resmi milik Badan Kepegawaian Nasional (BKN) atau pemerintah kabupaten.

Tahapan penerimaan CPNS akan dimulai pada 11 November 2019 secara serentak. Dalam penerimaan tahun ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendapatkan sebanyak 306 formasi.

Formasi tersebut terdiri dari tenaga kependidikan sebanyak 275, tenaga kesehatan 96 dan tenaga teknis sebanyak 6 formasi. (japs/bes)

Post Author: Dpr 5

Tinggalkan Balasan