Kemenparekraf Dukung Vasanta Hadirkan Destinasi Wisata Nuansa Jepang

 

Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah (kedua kiri) bersama Sales & Marketing Director Vasanta Innopark Ming Liang (kedua kanan) menandatangani kerja sama pembangunan HIPPINDO CITY, disaksikan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI AngelaTanoesoedibjo, di Jakarta, Kamis (14/11/2019)

BERITA PROPERTI – Pengembang Vasanta Innopark, PT Sirius Surya Sentos bersama PT Mitsubishi Corporation mendukung penuh upaya pemerintah meningkatkan industri pariwisata di daerah.

Salah satunya melakukan kerjasama dengan Hipunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO). Kerja sama tersebut untuk menghadirkan HIPPINDO City, yaitu destinasi wisata belanja baru bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Penandatangan kerjasama tersebut, di saksikan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Angela Tanoesoedibjo di Hotel Pullman, Centra Park, Jakarta (14/11/2019)

Dalam sambutannya, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Angela Tanoesoedibjo, mengungkapkan dari data terakhir yang dimiliki oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), PDB ekonomi kreatif nasional tahun 2018 mencapai Rp1.105 triliun.

Sebanyak 70 persen dari total pendapatan tersebut berasal dari kontribusi bidang fesyen, kuliner dan kriya. “Kami mendukung penuh inisiatif kerjasama yang dilakukan Vasanta dengan HIPPINDO, sebagai salah satu upaya akselerasi ekosistem ekonomi kreatif nasional, sekaligus meningkatkan aktivitas ritel,” kata Angela.

Lebih lanjut Angela mengatakan, kerjasama ini juga menjadi model percontohan bagi developer properti lainnya untuk mengambil peran dalam pengembangan wisata belanja produk-produk lokal di Indonesia.

Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah, menyampaikan bahwa HIPPINDO CITY merupakan pilot project tugas dari Presiden R.I lr. H. Joko Widodo.

Ia menjelaskan, dengan adanya dukungan langsung dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishutama, dan Vasanta Innopark diharapkan HIPPINDO CITY menjadi destinasi wisata belanja baru bagi wisatawan asing, terutama para ekspatriat Jepang yang bekerja di perusahaan-perusahaan Jepang di kawasan industri MM 2100 Cikarang, maupun warga lokal.

“Kami tidak mungkin bikin aset yang sepi, kami yakin kawasan MM 2100 menjadi destinasi belanja karena didukung pula dengan akses tol, serta konsep kota Jepang yang dibuat sangat detail nantinya, seperti taman, trotoarnya semua standar Jepang,” katanya.

Sementara itu Sales dan Marketing Director Vasanta Innopark, Ming Liang menjelaskan bawah dengan kerjasama bersama Hippindo dan didukung oleh Kemenparekraf Vasanta Innopark bisa menjadi hunian berkonsep “The Genuine Intergrated Japanese Town in Eastern Corridor” bisa menjadi ikon pariwisata Jepang pertama di Indonesia.

“Nantinya dengan adamya kawasan ini bisa menarik kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia,” tutur nya.

Dengan terbentuknya destinasi wisata baru ini, tambah Ming, akan diawali pembukaan food juction di dalam kawasan Hippindo City. Proyek tersebut akan ditargetkan selesai pada tahun 2020 dan mampu membuka lapangan kerja baru.

Vasanta Innopark merupakan proyek superblok yang fase pertamanya telah dibangun di lahan 12 hektare sebagai kawasan komersial, meliputi mal, perkantoran, hotel, ruko, residensial, apartemen, kondominium, serviced apartment, serta taman pendidikan dan teknologi.