Deretan Pemain Termahal Timnas U-22 yang Main di Final SEA Games 2019

Dproperty.co.id – Timnas U-22 tinggal selangkah lagi bisa meraih medali emas pada SEA Games 2019 Filipina. Mereka tinggal menyelesaikan laga dengan hasil maksimal saat berhadapan dengan Vietnam dalam laga final yang bakal digelar di Stadion Rizal Memoriam, Manila, Selasa (10/12).

Tim yang dinakhodai oleh Indra Sjafri ini memang tampil cukup memukau sejak babak penyisihan dimulai. Terlepas dari kekalahan dari Vietnam yang diraih pada babak penyisihan Grup B, Timnas U-22 tetap patut diapresiasi lantaran bisa memberikan penampilan yang cukup baik sepanjang SEA Games.

Namun, kehebatan itu tak lepas dari kedalaman skuat yang dimiliki Indra. Dibantu dua pemain senior, yakni Evan Dimas dan Zulfiandi, plus dibantu beberapa pemain muda potensial, macam Muhammad Rafli dan kolega, Timnas U-22 menjelma jadi tim yang ditakuti tim-tim lain.

Pemain-pemain tersebut tentu memiliki banderol yang tidak murah. Kualitas mumpuni jadi jaminan mutu Timnas U-22 bisa merengkuh emas yang sudah hampir tiga dekade terakhir diraih.

Dari 20 pemain yang tampil di SEA Games, siapakah pemain yang menyandang status paling mahal?

1. Osvaldo Haay

Deretan Pemain Termahal Timnas U-22 yang Main di Final SEA Games 2019

Osvaldo Haay merupakan pemain dengan status termahal di skuat Timnas U-22 saat ini. Dikutip dari laman Transfermarkt, pemain berdarah Papua itu dibanderol dengan harga €225 ribu euro atau setara Rp3,4 miliar.

Harga tersebut nampaknya bukanlah nilai yang mahal. Melihat kontribusi pemain Persebaya itu sampai sejauh ini bisa dibilang paling menonjol. Ia merupakan pemain paling subur dengan mengoleksi delapan gol di SEA Games edisi ke-30 ini.

Padahal, Osvaldo Haay sebelumnya diprediksi tak akan semoncer ini. Sebab, semua mata tertuju pada Egy Maulana Vikri yang sudah setahun terakhir berkarier di kompetisi Eropa, tepatnya Ekstraklasa Polandia bersama Lechia Gdansk.

2. Saddil Ramdani dan Evan Dimas

Deretan Pemain Termahal Timnas U-22 yang Main di Final SEA Games 2019

Tepat di bawah Osvaldo Haay, ada nama Saddil Ramdani yang masuk sebagai pemain termahal kedua dalam skuat Timnas U-22. Mantan pemain Persela itu dibanderol dengan harga €200 ribu atau setara dengan Rp3,1 miliar.

Tak sedikit kontribusi asis sampai gol yang ia berikan hingga sejauh ini. Wajar jika Saddil dianggap sebagai pemain kunci Timnas U-22 di bawah asuhan Indra hingga melangkah ke babak final.

Penampilannya pun mendapat banyak perhatian dari klub luar negeri. Usai didepak Pahang FA, ia dilaporkan tengah diburu Selangor FA untuk bisa memperkuat klub yang pernah dibela Bambang Pamungkas itu musim depan.

Selain itu, ada juga nama Evan Dimas yang memiliki nilai kontrak serupa.

3. Zulfiandi

Deretan Pemain Termahal Timnas U-22 yang Main di Final SEA Games 2019

Zulfiandi memang tak sementereng nama Osvaldo Haay dan Egy Maulana Vikri. Namun, kontirbusinya tak perlu diragukan lagi ia lah yang menjadi metronom lini tengah Timnas U-22 di SEA Games 2019. Bahkan, bisa dibilang pemain asal Aceh itu merupakan ruh penggerak serangan-serangan Timnas U-22.

Zulfiandi tercatat merupakan pemain Madura United. Ia dibanderol dengan harga €175 ribu atau setara Rp2,7 miliar.

4. Nadeo Argawinata dan Asnawi Mangkualam Bahar

Deretan Pemain Termahal Timnas U-22 yang Main di Final SEA Games 2019

Di posisi berikutnya ada dua nama yang memiliki nilai jual serupa, yakni Nadeo dan Asnawi. Keduanya dibanderol dengan harga €175 jika jika dikonversi menjadi Rp1,9 miliar.

Nadeo sendiri namanya langsung melejit pada ajang SEA Games edisi ke-30 ini. Selain penampilannya yang cemerlang, kiper kelahiran Kediri itu acap kali disamakan dengan Kepa Arrizabalaga.

Asnawi pun demikian, kontribusinya sebagai bek kanan banyak membuat lini pertahanan Timnas U-22 cukup solid pada ajang ini. Selain itu, ia juga memiliki kualitas mumpuni saat membantu timnya melakukan serangan.