Modernland-Lotte E&C Garap Mixed Use 5 Ha Di JGC

Dproperty.co.id – PT Mitra Sindo Sukses (Modernland Realty), developer kota baru Jakarta Garden City (JGC/370 ha) di Cakung-Cilincing, Jakarta Timur, meneken perjanjian kerja sama dengan perusahaan properti, arsitektur, teknik sipil, dan konstruksi asal Korea Selatan, Lotte Engineering & Construction (Lotte E&C), melalui perusahaan joint venture PT Lotte Land Modern Realty untuk mengembangkan proyek properti terpadu (mixed use) seluas 50.219 m2 di JGC dengan komposisi saham 60:40 untuk Lotte E&C.

Sebelumnya JGC telah menjalin kolaborasi dengan Hongkong Land-Astra Properti, AEON Jepang, dan IKEA Swedia. Lotte Land Modern Realty akan membeli lahan di JGC seluas 50.219 m2 secara tunai senilai Rp802 miliar. Pembayaran dilakukan sekaligus (100 persen) saat proses PPJB nanti. Proses pemecahan (splitting) sertifikat tanah itu dari sertifikat induk akan diselesaikan tahun ini juga. Penjualan lahan ini akan masuk ke dalam target marketing sales Modernland tahun ini sebesar Rp4,38 triliun.

“Perusahaan patungan ini akan mengembangkan proyek mixed use sebagai bagian dari upaya menjadikan JGC sebagai kota internasional dengan fasilitas dan aksesibilitas yang baik. Proyek kerja sama ini akan mencakup tujuh tower apartemen 32 lantai (total 3.310 unit), ruko, dan lain-lain dengan project revenue senilai Rp5,4 triliun,” kata Freddy Chan, Vice President Director Modernland saat penandatanganan Declaration of Joint Venture di JGC, Kamis (12/12/2019).

Lotte E&C, jelas Freddy, merupakan perusahaan internasional yang berpengalaman membangun proyek ikonik di seluruh dunia termasuk gedung supertall 555 meter Lotte World Town di Seoul, Korea Selatan. Di sektor properti rata-rata perusahaan ini memproduksi 15 ribu unit apartemen setiap tahun. Masuknya berbagai investor asing itu ke JGC juga membuktikan kawasan sangat prospektif.

“Kawasan JGC kami lihat memiliki banyak keunggulan, seperti lokasinya strategis didukung good infrastructure dan kemudahan ke jalan tol. Belum potensi dari pengembangan jalur MRT phase 3 yang aksesnya juga dekat ke sini, membuat kami sangat optimistis dengan pengembangan proyek ini,” kata Chief Representative/Managing Director Indonesia Office Lotte E&C Kang Woo Lee. Sementara David Iman Santosa, Managing Director Development & Marketing Modernland, mengatakan, joint venture dengan Lotte akan meningkatkan nilai jual JGC.