Rental Yield Apartemen Mewah Saumata Diklaim Sangat Bagus

Dproperty.co.id – Kendati bisnis properti masih lesu dan diprediksi masih akan berlanjut tahun depan, masih ada beberapa hal yang membuat pasar tetap optimistis. Yang paling utama adalah keseriusan pemerintah untuk mendorong investasi melalui berbagai kebijakan seperti insentif fiskal, penerapan online single submission (OSS) untuk kemudahan perizinan usaha, dan lain-lain. Sementara di sektor properti berbagai kebijakannya antara lain penurunan suku bunga acuan, penyederhanaan regulasi, dan lain-lain.

Khusus wilayah Tangerang dan Banten pada umumnya, optimisme itu juga terangkat oleh terus meningkatnya investasi asing (PMA) dan dalam negeri (PMDN). Awal 2018 Banten mencapai posisi ketiga sebagai tujuan investasi asing setelah Jakarta dan Jawa Barat dengan nilai Rp21,97 triliun untuk 1.518 proyek. Saat ini tercatat 4.445 tenaga kerja asing bekerja di Tangerang Raya, mayoritasnya sebagai tenaga ahli.

“Karena itu kami makin optimistis dengan proyek yang kami kembangkan,” kata Agung Nugroho, GM Marketing PT Sutera Agung Properti (SAP), pengembang apartemen mewah Saumata di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, melalui siaran pers, Rabu (11/12/2019).

Ia menyebutkan, sejak diresmikan tahun 2014 dan diserahterimakan tahun 2017 hingga saat ini penjualannya sudah 95 persen dengan tingkat hunian 60 persen, dengan 40 persen dihuni sendiri dan 20 persen disewakan kepada pekerja asing.

Agung menyatakan, suplai apartemen high end di wilayah Serpong sangat terbatas. Karena itu pasar sewa Saumata cukup tinggi. Untuk tipe dua kamar tidur (KT) sekitar USD1.300-1.800 per bulan, yang 3 KT antara USD2.300-3.500. Saat ini di Saumata ada penyewa asing dari 15 negara Mengutip Global Properti Guide, ia mengungkapkan, pendapatan sewa (rental yield) untuk properti high end di wilayah Banten merupakan yang tertinggi se-Asia.

Saumata (34 lantai) mencakup 202 unit hunian berisi unit tipe mulai dari dua kamar tidur. Ada juga Saumata Suites di sebelah Saumata yang Oktober lalu sudah melakukan prosesi tutup atap. Saumata Suites (33 lantai) berisi 104 unit hunian atau empat unit per lantai. Tipe unit mulai dari tiga kamar tidur 167 m2 dan penthouse 351 m2 seharga mulai dari Rp5,7 miliar/unit. Target serah terima Saumata Suites yang diklaim sudah terjual 50 persen pada kuartal ketiga 2020.