Targetkan Punya 5 Ribu Peminjam Dari Kalangan Pelajar, Begini Strategi Pintek

JAKARTA (DPR) – PT Pinduit Teknologi Indonesia (Pintek) berhasil menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 27 miliar hingga Desember 2019. Pinjaman tersebut diberikan kepada sekitar 1700 pelajar di 25 provinsi di Indonesia.

Dari keseluruhan pinjaman yang diberikan, rasio pinjaman bermasalah Pintek berada pada angka 0,1% dari total seluruh peminjaman.

Direktur Pintek, Tommy Yuwono mengatakan pihaknya tidak memiliki target pembiayaan untuk tahun 2020. Namun Pintek memiliki target borrowers minimal sebanyak 5.000 pelajar.

“Kami tidak punya target secara nominal. Tapi kami lebih ke target manusianya atau berapa pelajar yang kita berikan dana. Kami menargetkan untuk memberi pinjaman kepada minimum 5.000 pelajar,” Tutur Tommy di Jakarta, Jumat (13/12).

Pintek memiliki dua strategi untuk mencapai target borrowers pada tahun 2020. Pertama, Pintek akan merambah pada institusi pendidikan syariah. Pintek juga berencana untuk memberikan pinjaman pendidikan syariah.

“Kami juga lagi proses, jadi belum launching dan masih menunggu izin dari OJK. Karena kami melihat background industri pendidikan kan ada tiga macam, swasta, negeri, dan keagamaan,” Jelas Tommy.

Rencana kedua adalah, perluasan segmen pasar dengan cara membuka kesempatan peminjaman kepada institusi pendidikan.

“Kami sedang proses mendapatkan izin dari OJK agar kami dapat memberikan pendaan juga untuk kampus-kampus. Mereka kan butuh pengembangan, renovasi, sarana dan prasarana.” Tandas Tommy.(japs/kci)