Jangan Pernah Melakukan 5 Hal Ini Ketika Mengalami Stres Berat

Stres adalah guncangan emosional dalam pikiran seseorang. Hampir setiap orang dewasa pernah mengalami stres. Stres sendiri memiliki banyak pertanda bagi orang yang mengalaminya. Tanda tersebut bisa berupa psikologis maupun fisiologis.

Seseorang yang telah merasakan stres akan mencari-cari banyak hal untuk menenangkan pikirannya. Namun faktanya stres yang timbul dalam diri kita belum tentu berakhir meski beberapa cara kita keluarkan untuk menenangkannya.

Bahkan stres yang salah diantisipasi akan menimbulkan gejala penyakit psikologis lain. Ada banyak cara yang salah dalam seseorang menyikapi stres. Berikut ini 5 kesalahan yang sering dilakukan demi menghilangkan stres.

1. Menyalahkan orang lain sebagai penyebab stres

Jangan Pernah Melakukan 5 Hal Ini Ketika Mengalami Stres Berat

Setiap orang cenderung akan membela diri ketika sebuah masalah terjadi. Sehingga orang lain tidak lepas dari sasaran penyebab masalah yang dia hadapi. Mengkambinghitamkan seseorang atau tindakan yang orang lain lakukan tidak akan meredakan stres yang kita alami, justru hal ini akan berakibat buruk. Karena itu, mulailah berhenti menyalahkan orang lain ketika stres dan berani instropeksi diri.

2. Melakukan swapengobatan seperti minum obat penenang atau menenggak alkohol

Jangan Pernah Melakukan 5 Hal Ini Ketika Mengalami Stres Berat

Banyak sekali orang yang berharap untuk bisa cepat sembuh ketika stres. Sehingga beberapa obat penenang dan alkohol merupakan penawar yang tepat. Mereka melakukannya karena cara ini tergolong mudah dan efeknya cepat terasa.

Padahal cara ini hanyalah pertolongan sementara bahkan jika kecanduan akan mengakibatkan pengguna melarikan diri dari kenyataannya. Mereka justru tidak menyelesaikan penyebab stres namun menjauhkan diri dari persoalan.

3. Menuruti hawa nafsu

Jangan Pernah Melakukan 5 Hal Ini Ketika Mengalami Stres Berat

Menghibur diri dengan mengikuti hawa nafsu agar tetap bahagia merupakan pilihan yang sering dilakukan. Makan berlebihan, menghambur-hamburkan uang, dan pergi ke club malam adalah sebagian contohnya. Padahal harga yang harus dibayar untuk cara ini hampir selalu lebih mahal dibandingkan dengan manfaat yang diperoleh.

Jika ketergantungan ini terus berlanjut, bukan hanya kamu terkena penyakit psikologis, namun juga bisa terkena penyakit finansial.

4. Menyembunyikan stres terus menerus

Jangan Pernah Melakukan 5 Hal Ini Ketika Mengalami Stres Berat

Menyembunyikan stres untuk tidak peduli dan memilih menahannya bukanlah solusi. Contohnya adalah membiarkan kekhawatiran/kecemasan tersebut mengambang (tidak menolak dan tidak diperhatikan secara serius). Cara tersebut justru kerap menimbulkan ketidakbahagiaan dan kecemasan yang terus menerus. Justru perilaku ini yang bisa menimbulkan penyakit lainnya seperti depresi dan gangguan mental lainnya.

5. Menyerah untuk kalah, bukannya menerima keadaan

Jangan Pernah Melakukan 5 Hal Ini Ketika Mengalami Stres Berat

Ketika kita tidak bisa menghindar dari bencana atau masalah, menyerah untuk kalah sering kita ambil sebagai pilihannya. Menyerah berbeda dengan menerima. Menerima adalah jalan keluar yang masuk akal untuk bertahan menanggung sesuatu yang tidak bisa diubah.

Sedangkan menyerah adalah mengakhiri dengan putus asa. Yang harus kita lakukan adalah menerima kondisi yang kita alami, bukannya memilih untuk kalah. Stres terkadang meruntuhkan optimisme kita.

Menjalani hidup sehari-hari tidak akan terlepas dari ancaman terkena stres. Kapan pun dan di mana pun setiap orang bisa terancam terkena penyakit ini. Namun, seiring berjalannya waktu, kita akan lebih mampu mengendalikan pikiran dan emosi agar terhindar dari kesalahan yang sering kita alamatkan ketika stres.