Mikel Arteta akan Segera Diumumkan Jadi Pelatih Baru Arsenal?

Jakarta, IDN Times – Nama Mikel Arteta baru-baru ini begitu ramai menghiasai jagat media sosial. Nama asisten pelatih Manchester City ini santer dikabarkan menjadi kandidat terkuat calon pelatih baru Arsenal.

Untuk diketahui sebelumnya, Arsenal sendiri sudah memecat Unai Emery dari kursi pelatih sekitar tiga minggu yang lalu. Sejak saat itu, manajemen Arsenal memang sedang gencar mencari pengganti eks pelatih Sevilla tersebut.

Pilihan bertaburan, mulai dari Massimiliano Allegri, Carlo Ancelotti, hingga Mikel Arteta. Seiring berjalannya waktu, nama Arteta kini jadi favorit utama setelah para petinggi Arsenal tertangkap kamera tengah meninggalkan kediaman Arteta pada Senin (16/12) dini hari lalu.

Arteta sendiri tak asing dengan Arsenal. Bergabung pada 2011, kawan karib Xabi Alonso ini membela panji Meriam London selama lima musim sampai akhir musim 2015/2016, di mana kala itu ia pensiun dengan menyumbangkan Piala FA.

Selepas gantung sepatu, eks pemain Everton ini kemudian bergabung bersama staf kepelatihan City dan bekerja sama dengan Pep Guardiola. Bersama City, Arteta sendiri sudah dua kali beruntun memenangkan gelar Premier League kendati “hanya” sebagai asisten pelatih saja.

Berbagai media Inggris mulai dari BBC, The Athletic, dan Guardian, sudah mengabarkan bahwa Arteta telah sepakat untuk melatih Arsenal dan The Gunners kini hanya perlu menyelesaiakan urusan administrasi dan detail nominal kompensasi yang perlu dibayarkan ke Manchester City.

Jadi, kapan Arteta akan diresmikan oleh Arsenal sebagai pelatih barunya?