Patgulipat Tender Proyek PTPN 3, Kontraktor Pribumi Dianak-tirikan

Medan (DPR) – Patgulipat tender proyek di PT. Perkebunan Nusantara III menguap ke permukaan. Sejumlah proyek yang ditenderkan oleh perusahaan plat merah ini disinyalir sudah ditentukan pemenangnya. Apesnya, tak ada satupun perusahaan milik pribumi yang menangani proyek (tender) dari perusahaan tersebut.

Informasi yang diperoleh awak media ini menyebutkan, selama tahun 2019 semua tender di PT. Perkebunan Nusantara III digelar secara terbuka, tetapi anehnya tak satu pun kontraktor milik pribumi yang menangani proyek miliknya badan usaha milik negara itu.

“Terlebih untuk proyek tanaman ulang, seolah – olah rekanan yang mengerjakannya sudah ditentukan. Mereka beralasan agar produksi mereka tidak terganggu. Hanya saja, vendor list yang menanganinya tak ada yang milik pribumi. Jadi, buat apalah diadakan tender kalau pemenangnya sudah ditentukan,” sesal salah seorang sumber yang minta namanya tidak dicantumkan.

Lebih jauh dikatakannya, bukan hanya pengerjaan yang melalui proses tender, pengerjaan PL pun didominasi kontraktor non pribumi. “Sedihnya lagi, paket Penunjukkan Langsung (PL) juga didominasi oleh non pribumi, sedangkan kontraktor pribumi dapat satu paket dikerjakan oleh 5 kontraktor. Kontraktor pribumi benar-benar dianak tirikan,” ungkap sumber.

Terpisah, Kabag Umum PTPN III, Ganda yang dihubungi awak media ini malah menepis konfirmasi yang ditanyakan, dengan berkelit meminta bukti-bukti dari dugaan permainan kotor perusahaan plat merah tersebut. “Kira-kira bukti apa yang ada, sehingga abang bisa mengasumsikan adanya kondisi tersebut,” sahut Ganda lewat pesan singkatnya.(japs)