Pemko Medan Harapkan Panwas Kecamatan Bekerja Amanah Sukseskan Pilkada 2020

Medan (DPR) – Pemerintah Kota Medan mengucapkan selamat bertugas kepada Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan yang telah dilantik. Semoga seluruh Panwas Kecamatan ini dapat bekerja dengan amanah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku guna mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan.

Demikian hal ini disampaikan Plt Wali Kota Medan diwakili Kepala Kesbangpolinmas, Sulaiman Harahap ketika menghadiri Pelantikan Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan se-Kota Medan dalam rangka Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan tahun 2020 di Hotel Le Polonia, Senin (23/12).

Pelantikan Panwas Kecamatan yang dilakukan oleh Ketua Bawaslu Kota Medan, Payung Harahap ini berjalan lancar dan Khidmat. Hadir Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Ramadhani, Unsur Muspika dan Komisioner KPU Medan dan Komisioner Bawaslu Medan.

Dikatakan Sulaiman Harahap, Pemerintah Kota Medan menaruh harapan kesuksesan Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan tahun 2020. Oleh karena itu Panwas Kecamatan diharapkan dapat menjadikan Pilkada di Kota Medan berjalan sukses, lancar, jujur, adil, langsung dan rahasia.

“Kita (Pemko Medan) berharap Panwas Kecamatan dapat menindaklanjuti segala sesuatu yang tidak sesuai peraturan dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Kota Medan”, harap Sulaiman.

Ketua Bawaslu Kota Medan Payung Harahap mengatakan ke- 63 orang ini masing-masing perwakilan di tiap kecamatan yang ada di Kota Medan. Untuk menjadi Panwas Kecamatan juga harus melalui beberapa tahapan ujian, seperti seleksi CAT dan tes wawancara dengan fokus menggali komitmen dan integritas calon.

“Mereka yang berhasil lolos di semua tahapan, hari ini diambil sumpahnya dan berkewajiban menjalankan tugasnya saat Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 2020 mendatang”, kata Ketua Bawaslu Kota Medan.

Menurut Payung Harahap, Panwas Kecamatan ini nantinya akan melakukan pengawasan pada penyelenggaraan event elektoral di tiap kecamatan di Kota Medan. Artinya Panwas Kecamatan ini merupakan perpanjangan tangan Bawaslu Kota Medan di tingkat Kecamatan.

“Tugas Panwas Kecamatan adalah mengawasi kegiatan Pemilukada tingkat kecamatan. Orang-orang terpilih ini telah melalui proses seleksi yang cukup ketat makanya sangat diharapkan kehati-hatiannya dan juga tanggung jawab akan tugasnya bisa dijalankan dengan baik,” tuturnya.(japs/rel)