Fitriani Manurung : Perlu Kesungguhan Semua Pihak Tingkatkan Potensi Pariwisata Kota Medan

Medan,- Wakil Ketua Bidang Pariwisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Medan, Hj.Fitriani Manurung mengajak seluruh pemangku kepentingan di Kota Medan bersama-sama meningkatkan potensi pariwisata di Kota Medan.

“Selama ini yang menonjol dari Kota Medan itu Wisata Kulinernya saja. Dan semua orang mengakui itu, bahwa Medan punya potensi yang besar dalam wisata kuliner,”jelas Fitriani Manurung kepada wartawan usai mengikuti rapat Koordinasi Bidang Pariwisata tingkat nasional DPP PDIP yang bertempat di Puri Ratna Grend Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Minggu (22/12/19) kemarin.

Kandidat doktor Universitas Negeri Medan ini mengatakan, sesungguhnya Kota Medan memiliki potensi pariwisata dari berbagai aspek, diantaranya Wisata Kuliner yang sudah diakui, kemudian wisata Belanja, Wisata Bahari, Ekowisata dan Wisata Warisan Budaya.

“Wisata kuliner sudah barang tentu yang paling menonjol. Kemudian wisata belanja, Medan sebagai Ibu Kota Provinsi memiliki pertumbuhan UMKM yang besar dan memadai untuk menghasilkan produksi seperti kain khas tradisional dan kerajinanlannya,” jelasnya.

Kemudian Wisata Bahari dan Eko Wisata, Medan sesungguhnya memiliki potensi yang besar seperti kawasan Mangrove di pesisir Medan Bagian Utara.”Medan memiliki semuanya, tinggal bagaimana manajerialnya dilakukan dengan baik,” jelasnya.

Yang paling menarik adalah potensi wisata Warisan Budaya, Kota Medan yang multi kulutral sesungguhnya memiliki potensi besar mengingat di Medan pernah tumbuh warisan budaya yang sangat fenomenal. Sebut saja sejumlah peninggalan sejarah seperti gedung-gedung di sepanjang pusat Kota Medan, Istana Maimun, Masjid, dan beberapa situs cagar budaya seperti situs Kota Cina di Belawan.

“Medan memiliki segalanya, dan potensi ini bisa menjadi daya tarik Kota Medan jika benar-benar dimanfaatkan dan dikelola dengan baik oleh seluruh pemangku kepentingan,” jelas perempuan yang juga merupakan Bakal Calon Wakil Walikota Medan ini.

Seperti diketahui, Kota Medan baru-baru ini menerima penghargaan Trisakti Tourism Award kategori Wisata Kuliner dan Belanja. Pada kategori ini Kota Medan mendapat peringkat ke III bersama Kota Semarang sebagai juara I dan Kota Surakarta diperingkat ke II.

Penghargaan ini diterima Pelaksana Tugas (PLT) Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Wisnutama di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (22/12) malam. Penghargaan Trisakti Tourism Award ini diprakarsai Yayasan Kusuma Pertiwi, merupakan sebuah bentuk penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintan Kota yang berprestasi dalam mengembangkan pariwisata di daerahnya.