Kuartal Tiga Tren Penjualan Naik, Pengembang Cukup Optimis Melihat Tahun 2020

Dproperty.co.id – Proyek infrastruktur selalu mempengaruhi bisnis properti. Belum lama pemerintah  meresmikan jalan tol JORR 2 Kunciran-Serpong (11,2 km) yang akan tersambung dengan semua jalan tol di megapolitan Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek). Sedang dibangun dan diselesaikan tol JORR 2 Kunciran-Batuceper-Cengkareng/Bandara Soekarno-Hatta (14,2 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,7 km), Cimanggis-Cibitung (25,2 km), dan Cibitung-Cilincing (34 km). Ruas tol Cinere-Jagorawi sudah beroperasi sebagian.

Menurut Hene Putro, General Manager PT Pancakarya Griyatama, dalam acara open house apartemen itu akhir pekan lalu, pengembang apartemen Skandinavia (1.065 unit) di kawasan TangCity, Jalan Jenderal Sudirman, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, jalan tol itu akan makin mendorong pengembangan properti di Kota Tangerang dan sekitarnya seperti Cikokol yang tidak jauh dari lintasan tol JORR 2 itu. Saat ini dari Kota Tangerang ke Bandara Soekarno Hatta masih sekitar 40 menit karena di beberapa titik macet. Bila ruas tol Kunciran-Cengkareng sudah beroperasi Maret 2020, waktu tempuhnya bisa dipersingkat menjadi 15-20 menit.

Ia menyebutkan, sedikit anomali terkait penjualan tahun 2019. Kalau biasanya menjelang akhir tahun penjualan property lebih seret, tahun ini justru lebih baik dibandingkan awal dan tengah tahun.

“Kami melihat ada perubahan pada konsumen dari menyimpan uang di bank, seiring penurunan bunga mulai kembali melirik properti. Kami sudah merasakan periode naik turun itu. Skandinavia tahun 2017 bisa jual 90-an unit, tahun 2018 di atas 200 unit, tahun ini 120-an unit. Sekarang sisa unit kami tinggal 200-an dan kami tidak merasa harus ngotot bisa habis tahun 2020. Apalagi, kami juga membuka unit hotel Fika Room. Seratus unit sudah siap dibuka 28 Januari 2020. Jadi, masih cukup optimistis karena unitnya sudah siap semua,” tuturnya.