Plt Wali Kota Serahkan Bantuan Ke Masjid Al Amaliyah, Medan Marelan

Medan (DPR) – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si menyerahkan bantuan ke Badan Kemakmuran Masjid Al Amaliyah, Medan Marelan, Jumat (27/12). Penyerahan bantuan ini merupakan salah satu rangkaian Safari Jumat yang dilakukan Plt Wali Kota, selain Salat Jumat berjamaah dengan warga. Dalam Safari Jumat ini, usai menunaikan salat, Akhyar menjalin komunikasi dengan warga dan jemaah. Hal ini dilakukan untuk menampung keluhan maupun masukan dari warga. Saat itu, Akhyar juga menyampaikan tentang program-program Pemko. Akhyar mengatakan, bantuan yang disalurkan ini merupakan program Pemko Medan untuk pembangunan rumah-rumah ibadah.

“Bantuan ini merupakan uang masyarakat yang dihimpun dalam APBD dan disalurkan kembali pada masyarakat melalui pembangunan,” ujar Akhyar seraya mengatakan, bantuan ini memang diberikan untuk rumah ibadah-rumah ibadah yang masih dalam proses pembangunan, sebagaimana Masjid Al Amaliyah ini. Diharapkan, bantuan ini dapat menjadi motivasi bagi BKM Al Amaliyah untuk melanjutkan pembangunan Masjid ini.

“Yakinlah, setiap usaha yang baik, akan diberi jalan yang baik oleh Allah,” ungkap Akhyar. Berkaitan dengan infrastruktur, Akhyar, Medan Marelan mempunyai drainase yang berbelok-belok. Selain diapit Sungai Deli dan Bederah, permukaan air drainase lebih tinggi dari daratan. Akibatnya, saat hujan drainase tidak dapat menampung air hingga tumpah ke daratan.

“Saya dan Kadis PU sudah mengecek langsung. Kita cari jalan keluarnya. Direncanakan akan membuat kolam besar atau waduk untuk menampung air yang lalu kita sedot untuk dialirkan ke sungai,” papar Akhyar dalam kegiatan yang dihadiri Ketua BKM Al Amaliyah, Sariono Derita, Ustad M. Khoirul, tokoh masyarakat M. Jamil, Camat Medan Marela, M. Yunus, Danramil Medan Marelan, Kapten Infantri Mustaqim dan segenap pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan itu. Seiring dengan upaya Pemko ini, Akhyar mengharapkan masyarakat untuk tidak membuang sampah dan mewadahi sampahnya.

“Sampah yang tak diwadahi akan berserak dan jika hujan akan dibawa air ke parit. Ini akan menyumbat alir air,” ucapnya. Sebelumnya Ketua BKM Al Amaliyah, Suriono menghaturkan terima. atas kehadiran dan bantuan sebesar Rp40 juta yang diserahkan Plt Wali Kota Medan ini.

“Ini kami nilai sebagai bentuk perhatian bagi jamaah, tapi juga umat muslim Medan,” ujarnya. Diterangkannya, dulu Masjid ini masih merupakan mushala kecil berukuran 6 X 6 meter. “Sekarang telah menjadi masjid. Ini berkat bantuan dari kita semua,” ucapnya. Bantuan Pemko ini, lanjutnya, tentunya sangat berarti bagi kelanjutan pembangunan Masjid ini.(japs/rel)