Sejumlah Hakim PN Medan Cuti Terkait Suasana Natal dan Tahun Baru

Medan – Sejumlah hakim di lingkungan PN Medan Kelas IA Khusus sedang menjalani cuti berkaitan dengan suasana perayaan Hari Natal dan menjelang Tahun Baru 2020. Untuk sementara sejumlah jadwal sidang diundurkan.

“Saya yakin mereka (para hakim yang sedang cuti, red) sudah menyusun skedul pada persidangan sebelumnya. Selain itu, diundurkannya jadwal sidang juga sebagian atas permohonan para pihak,” kata Ketua PN Medan Sutio Jumadi Akhirno kepada awak media, Jumat (27/12).

Secara terpisah Humas PN Medan T Oyong mengatakan, berkaitan dengan perayaan hari besar keagamaan tersebut diperkirakan majelis hakim dan para pihak sudah mengatur jadwal sidang.

“Bagi hakim yang tidak cuti sidang bisa saja tetap berlangsung. Tetapi kita harus mengerti juga bahwa komponen sidang itu bukan hakim saja. Para pihak lain juga tentunya mau merayakan Natal dan Tahun Baru. Banyak juga sidang ditunda hingga Januari 2020 atas permintaan para pihak,” imbuhnya.

Teknis jalannya persidangan, imbuh T Oyong, tergantung pada majelis hakimnya masing-masing.

“Seperti ini dan majelis hakimnya yang lain kan ada bersidang. Jadi kita enggak tahu persisnya apakah sudah ada atau tidak koordinasi di antara mereka (majelis hakim dan JPU) dalam.sidang perkara pidana,” urainya.

Demikian halnya sidang perkara perdata yang baru saja digelar di ruang sidang Cakra 5 yang bertepatan T Oyong dipercayakan pimpinannya sebagai ketua majelis hakimnya, sudah dijadwalkan dengan para pihak pada persidangan sebelumnya.

“Sesuai dengan skedul, diprediksikan suasana sidang di lingkungan PN Medan Kelas IA Khusus kembali normal, Kamis (2/1/2020),” pungkasnya. (dnalams)