Ayo, Jaga Medan Agar Bersih & Cantik

Medan,-  Ayo, jaga Kota Medan agar selalu bersih dan cantik. Selain tidak buang sampah sembarangan, juga seluruh sampah rumah tangga harus diwadahi agar tidak berserakan kemana-mana. Hal ini bisa terwujud tentunya  jika mendapat dukungan penuh  seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu mulai saat ini, hidup bersih harus ditetapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ajakan ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi ketika melaksanakan Safari Maghrib di Masjid Amal Saleh  Jalan Selamat, Kelurahan Sitirejo III, Kecamatan Medan Amplas, Jumat (27/12). Selain menjaga kebersihan, warga juga diharapkan dapat menjaga ketertiban dan keamanan dengan mengaktifkan kembali siskamling, sehingga Kota Medan senantiasa aman dan kondusif.

“Menjadikan Kota Medan bersih dan cantik tidak dapat dilakukan pemerintah semata, tetapi harus mendapat dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat, termasuk jamaah Masjid Amal Saleh. Dukungan dapat dilakukan dengan tidak buang sampah sembarangan dan mewadahi sampah rumah tangga masing-masing,” kata Akhyar.

Apabila seluruh warga dengan penuh kesadaran menjaga kebersihan dan mewadahi sampah rumah tangganya, Akhyar optimis menjadikan Medan bersih sampah bukan mimpi. “Ayo, mulai saat ini kita jaga kebersihan dan mewadahi sampah rumah tangga, insya Allah Medan bersih sampah akan terwujud,” ungkapnya optimis.

Seperti biasa dalam setiap  melaksanakan Safari Maghrib, Akhyar selalu mengingatkan kepada seluruh jamaah agar senantiasa dapat menjaga diri, anak dan keluarganya agar tidak terlibat dengan narkoba. Selain menghancurkan masa depan, narkoba juga menyebabkan kematian. Itu sebabnya narkoba saat ini menjadi musuh utama negara.

“Peredaran narkoba dapat dihentikan apabila tidak ada lagi warga yang menggunakannya. Selagi masih ada yang menggunakannya, peredaran narkoba tentunya sangat sulit dihentikan. Jadi.mari kita bentengi diri dan keluarga, terutama anak agar tidak terlibat narkoba. Jadikan (memerangi narkoba) ini  sebagai ladang jihad kita,” ungkapnya.

Safari Maghrib dilakukan Plt Wali Kota didampingi  Asisten Pemerintahan Renward Parapat,  Kabag Agama Setdako Medan Adlan, Camat Medan Amplas Edi Mulia Matondang serta unsur Muspika Kecamatan Medan Amplas. Selain memberikan bantuan dari Pemko Medan sebesar Rp.40 juta kepada Ketua BKM Masjid Amal Saleh Ir Budi Kirono guna membantu renovasi masjid yang tengah berjalan , Akhyar juga memberikan santunan kepada 20 orang anak yatim.

Sebelumnya, Ketua  BKM Masjid Amal Saleh  Ir Budi Kirono menyatakan, seluruh jamaah merasa bangga dan sangat berbesar hati karena baru pertama kali ada pejabat setingkat Wali Kota yang mau meluangkan waktunya datang dan Shalat Maghrib berjamaah dengan seluruh jamaah. Diharapkannya, kedatangan Plt Wali Kota beserta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan semakin mempererat hubungan dengan masyarakat.

“Atas nama seluruh jamaah dan warga sekitar, kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak Plt Wali Kota. Semoga kedatangan Bapak dapat memotivasi para jamaah untuk lebih banyak lagi melaksanakan shalat fardhu berjamaah di masjid yang kita cintai bersama,”  ungkap Budi.