10 Girl Group yang Jadi ‘Monster Rookie’ dalam 1 Dekade Terakhir

Selama satu dekade terakhir, dunia KPop telah dipenuhi oleh bintang-bintang baru yang selalu bersinar. Visual, talenta, dan semua sifat para idol ini benar-benar menunjukkan perkembangan yang begitu pesat.

Mulai dari miss A, Apink, hingga ITZY, yuk intip sederet girl group yang sukses mencuri perhatian dalam kurun waktu 10 tahun ini.

1. miss A

Meski sudah bubar, tak dapat dipungkiri bahwa miss A adalah legenda di dunia KPop. Setiap membernya sukses membuktikan talenta mereka sebagai grup rookie. Girl group dari JYP Entertainment ini debut dengan lagu berjudul Bad Girl, Good Girl pada tahun 2010. Hebatnya, lagu mereka ini masih hits sampai sekarang!

2. Apink

Apink dapat dikatakan sebagai girl group veteran yang paling aktif di dunia KPop. Walau banyak grup seangkatan mereka yang sudah banting setir ke bidang lain, atau bahkan sudah bubar, Apink yang debut pada tahun 2011 ini justru masih aktif menunjukkan eksistensi mereka. Mereka hingga kini masih mempertahankan image mereka sejak debut di tengah banyaknya idol yang berlomba-lomba mengusung konsep baru.

3. AOA

AOA sangat berjaya pada masanya. Mereka debut pada 2012 lalu, dengan membawakan konsep yang sexy di setiap albumnya. Kini, member AOA hanya tersisa 5 orang, namun mereka tetap menunjukkan kerja sama yang baik dengan mencoba konsep-konsep baru sebagai grup veteran.

4. Ladies Code

Ladies Code adalah girl group yang debut pada tahun 2013 di bawah label Polaris Entertainment. Mereka adalah rookie yang paling diingat kepopulerannya saat itu, namun belum lama mereka berbahagia dengan debut sebagai idol, mereka harus kehilangan 2 membernya, yaitu EunB dan Rise yang meninggal akibat mengalami kecelakaan mobil.

5. Red Velvet

Setelah sukses dengan grup-grup besar seperti TVXQ, Super Junior, SNSD, SHINee, hingga EXO, SM berhasil membentuk grup rookie pada tahun 2014 yang diberi nama Red Velvet. Para membernya benar-benar membuktikan kualitas produksi agensi hiburan tersebut baik dalam hal talenta maupun visual.

6. TWICE

TWICE debut lewat survival Sixteen pada 2015 lalu. Walaupun sempat mengalami kontroversi terkait formasi membernya, mereka kini justru semakin gencar melebarkan sayap mereka di dunia KPop. Terbukti, sekarang hampir semua daesang di acara award akhir tahun pemenangnya adalah TWICE.

7. BLACKPINK

Lama tak mendebutkan girl group, YG Entertainment akhirnya membuat gebrakan dengan mendebutkan BLACKPINK pada tahun 2016. Di tahun yang bersamaan dengan bubarnya 2NE1 ini, lagu mereka yang berjudul Boombayah melesat di pasaran, dan masyarakat pun langsung mengenali keempat membernya jika ada teriakan “BLACKPINK in your area.”

8. Weki Meki

Weki Meki adalah girl group yang debut pada tahun 2017. Girl group asuhan Fantagio Entertainment ini dilirik oleh banyak pecinta musik KPop apalagi terdapat fakta bahwa beberapa di antara mereka sudah pernah muncul di acara survival Produce 101, dan bahkan ada yang sampai debut bersama I.O.I.

9. (G)I-DLE

Julukan monster rookie untuk (G)I-DLE memang dihadirkan bukan tanpa alasan. Debut mereka lewat lagu LATATA pada tahun 2018 membuat mereka mendapatkan begitu banyak prestasi hanya dalam waktu singkat. Dan lebih kerennya lagi, mereka ternyata memproduksi musik mereka sendiri dengan status pendatang baru tersebut!

10. ITZY

Debut pada awal 2019, ITZY memang sudah sangat dinantikan karena hampir semua membernya adalah trainee yang populer. Lagu mereka yang bertajuk Dalla Dalla menjadi lagu debut yang paling banyak menarik perhatian tahun ini, apalagi visual serta bakat para membernya sangat jauh dari kata “biasa”.

Itulah 10 girl group yang langsung booming meski masih berstatus rookie. Terbukti kan, KPop mengalami perkembangan yang semakin baik dalam 1 dekade terakhir?