Resmi Tukangi Timnas, Shin Tae-yong: Masyarakat Indonesia Luar Biasa!

Jakarta, IDN Times – Pelatih anyar Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memuji masyarakat Indonesia yang begitu hangat. Hal itu diungkapkannya saat pelatih berpaspor Korea Selatan itu diperkenalkan secara resmi pada Sabtu (28/12).

“Pertama kali saya datang ke Indonesia itu pada 1994, waktu itu sebagai saya datang sebagai pemain dan melawan Persib. Di Indonesia, saya merasakan orang-orangnya begitu ramah dan baik sekali,” kata mantan pelatih Timnas Korea Selatan kepada awak media.

1. Shin Tae-yong pernah bawa Korsel U-22 permalukan Timnas Indonesia 4-0

Resmi Tukangi Timnas, Shin Tae-yong: Masyarakat Indonesia Luar Biasa!

Tak hanya sekali, Shin Tae-yong juga sudah merasakan datang ke Indonesia. Namun, pada 2015 silam, dirinya datang sebagai pelatih Korsel U-22. Dalam laga tersebut, pasukan Garuda harus mengakui tim asuhan Shin Tae-yong dengan skor telak 0-4.

“Pada 2015 juga saya pernah datang ke Indonesia. Saat itu saya datang sebagai pelatih untuk Korsel U-22. Saya masih ingat pertandingan tersebut, walau pun Korsel menang lawan Indonesia, tapi Indonesia tampil sangat bagus juga,” ujar dia.

2. Shin Tae-yong optimistis sepak bola Indonesia berkembang

Resmi Tukangi Timnas, Shin Tae-yong: Masyarakat Indonesia Luar Biasa!

Oleh sebab itu, ia merasa bahwa sepak bola Indonesia sangat memiliki harapan untuk maju pada masa yang akan datang. Segala cara pun bakal dilakukan Shin Tae-yong untuk bisa mewujudkan prestasi bagi Timnas Indonesia.

Pelatih berusia 50 tahun itu juga meminta dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan dorongan doa, semangat tanpa henti. Apalagi, Indonesia bakal dihadapkan pada gelaran bergengsi Piala Dunia U-20 2021 mendatang, sehingga para pemain bisa memberikan hasil maksimal.

3. Park Hang-seo bukti pelatih Korsel cocok di Asia Tenggara

Resmi Tukangi Timnas, Shin Tae-yong: Masyarakat Indonesia Luar Biasa!

Tea-yong sendiri memang patut dicoba untuk melatih Timnas Indonesia. Selain kemampuannya mengorbitkan pemain muda, pelatih Asia biasanya memiliki keunggulan lain dalam hal kedisiplinan.

Selain itu, proses adaptasi pun tak akan terlalu sulit. Maklum perbedaan kultur yang relatif sama bisa memudahkan pemain guna memahami keinginan sang pelatih nantinya, contoh sukses adalah Vietnam yang sengaja mendatangkan Park Hang-seo dan langsung meraih prestasi cukup baik.

Bagaimana tidak, bersama pelatih berpaspor Korsel itu, mereka mampu melangkah hingga babak final Piala Asia U-23 dan semifinal Asian Games di tahun yang sama, tepatnya pada 2018. Teranyar, ia bisa membawa Vietnam mengalahkan dominasi negara kuat dengan membawa timnya ke perempat final Piala Asia 2019 dan meraih medali SEA Games untuk pertama kali bagi Vietnam sepanjang sejarah.

Wajar jika kini Timnas Indonesia berharap banyak pada keahlian Shin Tae-yong