Kucing 101: Kenali Turkish Van, Jenis Kucing yang Ramah dan Manja

Kalau kamu suka main Twitter dan suka sama kucing, pasti sudah gak asing lagi dengan Bintik si Kucing. Yap, Bintik adalah salah satu selebtwit yang… ehem… seekor kucing. Jangan salah, meski pun kucing tapi followersnya sudah menyentuh angka 107 ribu, mungkin lebih banyak dari followers Twittermu sendiri.

Dari informasi di Instagram dan Twitternya, Bintik adalah jenis kucing Turkish Van. Yuk kenali seluk beluk jenis kucing ini!

1. Karakteristik Turkish Van

Kucing 101: Kenali Turkish Van, Jenis Kucing yang Ramah dan Manja

Turkish Van cat adalah kucing berbadan bongsor berasal dari Timur Tengah. Turkish Van biasanya berwarna putih dengan tanda-tanda pola berwarna pada wajah dan ekor saja. Jenis pola warna ini sangat khas sehingga ketika muncul di ras kucing lain sering disebut pola “van”. Turkish Van hadir dalam tiga varietas warna: solid dan putih, loreng dan putih dan campuran warna seperti tortoiseshell.

Meskipun Turkish Van dan Turkish Angora terlihat serupa, mereka adalah keturunan berbeda yang berkembang secara terpisah satu sama lain. Turkish Angora lebih kecil dan lebih halus bulunya daripada Van Turki dan memiliki corak bulu yang lebih beragam.

Kucing Turkish Van memiliki karakteristik yang ramah dan penuh kasih sayang, terutama dengan anggota keluarga manusia tercinta mereka. Mereka cenderung rukun dengan kucing lain, anjing, dan anak-anak. Kucing ini adalah jenis yang aktif dan atletis, suka memanjat, melompat, dan menjelajah. Meskipun mereka mungkin kadang manja dan hanya ingin dipangku serta rebahan seharian, Turkish Van lebih mungkin suka berkeliaran di rumah dan mengikutimu ke mana-mana. Salah satu karakteristik unik dari kucing Turkish Van adalah kecintaannya pada air karena mereka tak takur terhadap air seperti kucing lain.

2. Sejarah kucing Turkish van

Kucing 101: Kenali Turkish Van, Jenis Kucing yang Ramah dan Manja

Turkish Van  adalah ras kuno yang langka, bahkan di tempat asalnya. Kucing ini berkembang secara alami di wilayah Asia Tengah dan negara-negara seperti Iran, Irak, dan bagian-bagian Uni Soviet dan Turki saat ini. Nama Turkish Van berasal dari nama umum yang digunakan di daerah itu — Van — dan kucing aslinya hanya disebut “vancat.”

Turkish Van pertama masuk ke Inggris pada tahun 1955. Pada awalnya, ras itu hanya disebut sebagai Kucing Turki, tetapi karena bingung membedakan Turkish Van dengan Turkish Angora, maka Turkish Van ditetapkan sebagai nama yang digunakan. Turkish Van diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1982. Kucing Van Turki diakui Cat Fanciers’ Association dan The International Cat Association.

3. Perawatan kucing Turkish Van

Kucing 101: Kenali Turkish Van, Jenis Kucing yang Ramah dan Manja

Tekstur semi-panjang, bulu lembut Turkish Van bisa disamakan dengan kasmir. Karena berkembang biak di daerah yang mengalami suhu ekstrem, mantel Van Turki berubah sesuai musim. Turkish Van dewasa juga memiliki bulu lebat di daerah leher dan ekor. Kamu mungkin perlu menyisir Turkish Van lebih sering karena jika di cuaca panas akan rentan untuk rontok.

4. Masalah kesehatan umum

Kucing 101: Kenali Turkish Van, Jenis Kucing yang Ramah dan Manja

Turkish Van adalah kucing besar. Ras ini lambat berkembang, membutuhkan rata-rata tiga sampai lima tahun untuk menyelesaikan pertumbuhan dan mencapai berat dewasa mereka yaitu 3 hingga 10 kg. Secara umum, jenis ini cukup sehat dan berumur panjang.

5. Pola makan yang tepat

Kucing 101: Kenali Turkish Van, Jenis Kucing yang Ramah dan Manja

Karena Turkish Van adalah kucing berbadan bongsor, penting untuk tidak memberinya makan terlalu banyak agar tidak obesitas. Kucing obesitas akan rentan terkena diabetes, artritis dan fatty liver disease. Selalu takar dengan benar jumlah porsi makannya tiap hari, bisa dua atau tiga kali sehari.

Ternyata perawatan kucing Turkish Van seperti Bintik gak susah-susah amat ya. Jadi gimana, apa kamu mau mempertimbangkan memelihara kucing lucu Turkish Van?