Leadership di Remaja Masjid Penting untuk Mencapai Tujuan

Medan,-Bertempat di masjid Ikhlas Taqwa Medan Area tim dosen UMN Al Washliyah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Tim yang terdiri dari M. Gade sebagai ketua dan Juliandi Siregar beserta Rina Monika Dewi sebagai anggota tim. Tema pengabdian adalah PKM Leadership Remaja Masjid Binaan Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Sumut di Kecamatan Medan Area.

“Leadership atau Kepemimpinan adalah sarana penting untuk mencapai tujuan. Dengan memperhatikan apakah tujuan tercapai atau tidak dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut, maka kita bisa mengetahui jiwa kepemimpinan dari seseorang,” jelas M. Gade, dalam kegiatan yang dilaksanakan, Sabtu, (30/12/2019).

Dikatakannya, tujuan kepemimpinan yang lain adalah untuk membantu orang lain menjadi termotivasi, mempertahankan serta meningkatkan motivasi di dalam diri mereka. “Dengan kata lain, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa memotivasi anggota untuk mencapai tujuan yang diinginkan,” jelasnya.

Dijelaskan M.Gade, pelaksanaan PKM ini bertujuan untuk memberikan masukan bahwa kepemimpinan dalam remaja masjid sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari pengelolaan organisasi remaja masjid. “Dalam PKM ini dijelaskan solusi mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam kepemimpinan Remaja Masjid. Diantaranya adalah sangat penting dikuatkan pemahaman tentang kepemimpinan remaja masjid,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, M.Gade berharap kegiatan PKM ini dapat memberikan masukan konstruktif khususnya bagi remaja masjid dalam menajalankan fungsi kepemimpinan dan managemen organisasi pada masa mendatang.