Magister Pendidikan Matematika UMN Al-Washliyah Lakukan Pelatihan KSM Bagi Guru

Medan,-Magister pendidikan matematika UMN Al-Washliyah merupakan salah satu dari tiga prodi S2 Pendidikan Matematika yang ada di Sumatera Utara harus memiliki kontribusi dalam dunia pendidikan.

Melalui tridharma perguruan tinggi, Dr. Abdul Mujib, M.PMat, sebagai KaProdi melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) melalui kegiatan pelatihan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang menjadi agenda kompetisi tahunan di level Madrasah.

“Secara Umum, merujuk SK Dirjen Pendidikan Islam no. 1697 tahun 2019 tentang Juknis pelaksanaan KSM 2019, KSM bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreatifitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai islam dalam mempelajari dan memahami sains,” jelas Dr. Abdul Mujib, M.PMat.

Oleh karena itu, kata Dr. Abdul Mujib, M.PMat, melalui PKM ini diharapkan dapat memberikan bekal bagi guru sains dalam rangka untuk melatih siswa MTs Swasta Al-Washliyah Kolam sehingga mampu bersaing baik level Propinsi maupun Nasional.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memotivasi siswa untuk belajar sains lebih mendalam dan mengintegrasikan dalam nilai-nilai islam,” jelasnya.

Selain itu, katanya, kegiatan ini mewadahi siswa Madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bidang sains, meningkatkan kemampuan siswa dalam intelektual, emosional, dan sprititual sesuai dengan nilai-nilai islam, serta memberikan kesempatan siswa madrasah dalam belajar, berkreatifitas, dan berprestasi.

Dalam penjelasannya, Mujib menekankan bahwa KSM ini berbeda dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional). “Siswa tidak hanya dituntut mampu memecahkan masalah dalam bidang sains tetapi siswa juga harus menguasai nilai-nilai islam seperti hadist, siroh, dan fiqih. Karena, karakter soal KSM ini mengintegrasikan nilai-nilai islam dalam sains, sehingga memiliki bobot yang lebih berat dari karakter soal OSN,” jelasnya.

PKM ini dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2019 di MTs Swasta Al-Washliyah Kolam Percut Sei Tuan Deli Serdang. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Sekolah MTs Swasta Al-Washliyah Kolam Ibu Supiah, S.Pd. dan dihadiri guru Bidang Studi Matematika Bapak Abdul Yajid, S.Pd. dan Ibu Elvita Yusra, S.Pd. beserta siswa-siswa terpilih.