Situs Film IndoXXI Resmi Tak Bisa Diakses, Good Bye!

Jakarta, IDN Times – Situs live streaming film IndoXXI menepati janjinya, menutup laman mereka. Per 1 Januari 2020, laman situs fim tersebut sudah tidak bisa diakses.

Saat mengakses ke websitenya, beberapa saat kemudian akan muncul pop-up ucapan selamat tinggal dan terima kasih dari pengelola situs.

“Goodbye 2019, Goodbye INDOXXI, Terima Kasih,” demikian tulisan perpisahan pengelola situs.

1. Kominfo mengumumkan akan memblokir ribuan situs film ilegal, dan IndoXXI janji menutup situs mereka per 1 Januari 2020

Situs Film IndoXXI Resmi Tak Bisa Diakses, Good Bye!

Penutupan akses IndoXXI sudah ramai sejak minggu terakhir Desember 2019. Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 24 Desember 2019 lalu mengumumkan pemblokiran ribuan situs film ilegal termasuk IndoXXI.

Pengelola situs IndoXXI sendiri sempat menyampaikan permintaan maaf dan janji akan menutup akses ke website mereka per 1 Januari 2020.

“Sangat berat tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020, kami akan menghentikan film di website ini demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah air, semoga ke depannya menjadi lebih baik. Salam IndoXXI,” demikian pernyataan di laman depan IndoXXI.

2. Kominfo berkoordinasi dengan BSSN untuk pemblokiran

Situs Film IndoXXI Resmi Tak Bisa Diakses, Good Bye!

Menkominfo Johnny G Plate sebelumnya menjelaskan, pemblokiran dilakukan apabila telah dilakukan koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kepolisian Republik Indonesia, dan instansi terkait lainnya. Dari hasil koordinasi tersebut nantinya bisa diputuskan apakah situs tersebut benar-benar melanggar hukum.

“Harus kerja sama dengan yang lain apakah kepolisian, BSSN, lalu yang lain untuk memastikan apa benar ini melanggar hukum? Itu yang diblokir,” tutur dia.

Anggota DPR periode 2014-2019 ini menyebutkan pemerintah akan menindak tegas situs-situs yang melanggar hukum. Apalagi hal tersebut berkaitan dengan Hak Kekayaan Intelektual (Haki).

3. Pemblokiran IndoXXI bikin warganet kecewa

Situs Film IndoXXI Resmi Tak Bisa Diakses, Good Bye!

Pemblokiran IndoXXI mendapat berbagai reaksi dari warganet. Mereka umumnya merasa kecewa dan berterima kasih kepada IndoXXI yang sudah menyajikan berbagai genre film selama ini secara gratis.

Seperti disampaikan pemilik akun Twitter @kakzekage, yang merasa gusar akibat penutupan situs ini. “Laaaaaah nanti gw nonton drama dimana :'(( #indoxxi,” kicau dia.

Kekecewaan juga diungkapkan pemilik akun @Mega0694 seraya menyampaikan ucapan terima kasih kepada IndoXXI. “Terimakasih #indoxxi. Jasamu akan selalu kami kenang?”

Tak hanya nada kecewa, warganet juga ada yang menanggapi penutupan situs IndoXXI dengan nada humor dan mengkiritisi langkah pemerintah.

Seperti yang disampaikan pemilik akun @Berliaanzb2, yang merasa beruntung berkat adanya IndoXXI dia bisa menabung, karena tidak harus menonton film di bioskop.

“Thanks INDOXXI yang udah bikin gue nggak nonton di bioskop, karena kamu aku bisa nabung dengan lancarr, thx u,” cuit dia.