5 Hal yang Harus Kamu Waspadai di Kala Hujan dan Banjir

Selama beberapa hari ini, hujan telah mengguyur berbagai kawasan di Indonesia, baik dengan intensitas yang rendah ataupun tinggi. Banyak kawasan termasuk Jakarta, dilanda banjir akibat hujan yang terus menerus turun saat malam pergantian tahun beberapa waktu lalu. Diperkirakan selama seminggu ke depan ini oleh BMKG, Jakarta masih berpotensi diguyur hujan.

Meskipun rumahmu tidak terendam banjir, tetap saja kamu harus berhati-hati dengan beberapa hal yang dapat mengancam keselamatan dan keamananmu selama musim hujan ini. Apa saja sih hal tersebut? Berikut adalah 5 hal yang harus kamu waspadai di musim hujan dan saat terjadi banjir.

1. Banyaknya Binatang yang Mengancam

5 Hal yang Harus Kamu Waspadai di Kala Hujan dan Banjir

Di musim hujan seperti ini, banyak sekali binatang yang akan berkeliaran. Dari mulai binatang yang mengancam kesehatan, seperti tikus dan kecoak, sampai dengan binatang yang bisa mengancam keselamatan, misalnya ular. Seperti banyak pemberitaan media di saat atau selepas banjir beberapa waktu lalu, banyak ditemukan ular yang berkeliaran di pemukiman warga.

2. Padamnya Listrik

5 Hal yang Harus Kamu Waspadai di Kala Hujan dan Banjir

Akibat terendam banjir, terdapat wilayah yang mengalami pemadaman listrik demi alasan keselamatan. Misalnya saja di beberapa wilayah Bekasi, Jawa Barat. Ketika listrik padam, ada baiknya kamu berhati-hati, apalagi jika terjadi di malam hari. Keadaan yang gelap sangat rawan terjadi kecelakaan, baik kecelakaan kecil maupun kecelakaan yang serius.

3. Setruman Listrik

5 Hal yang Harus Kamu Waspadai di Kala Hujan dan Banjir

Banjir yang tinggi bisa saja membuat saklar listrik di rumahmu terendam. Hal ini dapat mengancam keselamatanmu, karena dapat membuat dirimu terkena sengatan listrik lewat air yang menggenang. Pasalnya, air merupakan penghantar listrik yang baik. Meskipun tidak semua jenis air bisa menghantarkan listrik dengan baik, tapi kamu tetap harus waspada. Apalagi sampai sejauh ini, sudah ada beberapa korban meninggal akibat tersetrum listrik saat banjir.

4. Berbagai Macam Penyakit

5 Hal yang Harus Kamu Waspadai di Kala Hujan dan Banjir

Kamu benar-benar harus menjaga kesehatanmu di saat musim hujan seperti ini. Banyak sekali penyakit yang dapat mengancam kesehatanmu, misalnya saja diare, berbagai macam penyakit kulit, tifus, demam berdarah, dan lainnya. Walaupun memang penyakit-penyakit tersebut beberapa di antaranya terdengar sepele, namun siapa sangka bisa juga mendatangkan kematian. Seperti contohnya penyakit diare yang ekstrim dapat menyebabkan dehidrasi, hingga berujung kematian.

5. Petir

5 Hal yang Harus Kamu Waspadai di Kala Hujan dan Banjir

Saat akan atau sedang hujan, tentunya seringkali banyak disertai petir. Petir merupakan salah satu fenomena alam yang dapat mengancam keselamatanmu. Jika tersambar petir, maka sirkulasi darah dan pernapasan pada tubuhmu dapat saja terganggu. Buat kamu kaum milenial yang sering pegang hp atau gawai lainnya, hati-hati ya ketika sedang memainkannya di saat ada petir, apalagi jika sedang dalam kondisi diisi dayanya. Hal ini memungkinkan dirimu dapat tersambar petir, yang tersalurkan lewat perantara gawai tersebut.

Itu dia 5 hal yang harus kamu waspadai di saat musim hujan dan saat dilanda bencana bajir seperti sekarang ini. Meskipun daerahmu mungkin saja tidak dilanda hujan dan banjir, tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati demi keselamatan.