Pantang Ngemis, Nek Asnah Jual Ikan Asin di Usia Senja

M.Labuhan – Usia boleh senja akantetapi semangat untuk bertahan hidup tanpa berharap belas kasih alias ngemis, pantang bagi Nek Asnah (72).

Warga asal Kampung Kurnia Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan ini seakan tak kenal lelah untuk mengkais rezeki setiap harinya lewat berjualan ikan asin di pajak simpang Atap Martubung Kecamatan Medan Labuhan.

Meski hidupnya sebatangkara namun Nek Asnah tampak tak kenal lelah tak seperti kebanyakan manusia seusia Nek Asnah.

Dengan gelas teh maupun kopi setiap harinya Nek Asnah setia menjajaki dagangan ikan asin persis disamping Warkop di Pajak Simpang Atap Martubung tersebut.

Keuletan Nek Asnah dalam berdagang ikan asin pantang ngemis ini ternyata sempat mencuri perhatian dan kepedulian dari tim Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) sehingga pada edisi awal KSJ pernah menyalurkan suntikan dana bagi kelangsungan usaha ikan asin Nek Asnah.

Syukur Alhamdulillah, hingga kini Sabtu (04/01/2020) atau sampailah edisi ke 21 KSJ usaha dagang ikan asin Nek Asnah tetap berlanjut.

Pada kesempatan itu, Ketua KSJ Saharuddin didampingi pengurusnya Gusleo dan Syamsul Bahri Nasution kembali memberikan kepedulian dengan cara memborong ikan asin yang dijual Nek Asnah.

Dalam bincang bersama Nek Asnah terungkap, selama ini Nek Asnah hidup sebatangkara digubuk reotnya di Kampung Kurnia pinggir Sungai Deli, sesekali cucunya datang menjenguknya.

Bermodalkan hanya Rp50 ribu Nek Asnah setiap harinya membeli ikan asin dari para pembuat ikan asin yang memang sejak dulu Kampung Kurnia (Belawan Bahari) dikenal sebagai Lumbung penghasil ikan asin.

Modal uang segitu, Nek Asnah sudah dapat membeli beragam jenis ikan asin diantaranya ikan asin gulama, selayang, ikan lidah, maupun jenis ikan asin lainnya.

“Alhamdulillah Nak, setiap harinya Nenek bisa dapat untung Rp30 ribu hingga Rp50 ribu dari jual ikan asin ini dan untung segitulah buat mencukupi kebutuhan hidup Nenek dan cucu,” ungkap Nek Asnah sembari mengemasi ikan asin yang diborong ketua KSJ tersebut yang selanjutnya ikan asin yang dibeli kembali disedekahkan.(Gus/Lbh).