[BREAKING] KPK Gelar OTT Perdana di Tahun 2020

Jakarta, IDN Times – Kepemimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid ke V di bawah Komjen (Pol) Firli Bahuri seolah ingin menepis keraguan publik bahwa mereka tak lagi akan melakukan penindakan. Sebagai bukti, penyidik komisi antirasuah pada Selasa (7/1) kembali melakukan operasi senyap di daerah Sidoarjo, Jawa Timur. Satu orang kepala daerah dikonfirmasi telah diamankan oleh penyidik. 

“Benar, KPK telah mengamankan seorang kepala daerah dan beberapa pihak lainnya di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Mereka diamankan terkait pengadaan barang dan jasa,” demikian pernyataan dari Plt juru bicara KPK, Ali Fikri melalui keterangan tertulis pada malam ini. 

Sementara, Ketua KPK yang baru, Firli Bahuri meminta kepada publik agar tidak pesimistis dulu terhadap kinerja mereka. 

“Kita lagi kerja, tolong beri kesempatan untuk kami bekerja,” kata Firli melalui pesan pendek kepada IDN Times pada hari ini. 

Belum diketahui barang bukti apa saja yang berhasil disita oleh penyidik komisi antirasuah. Komisi antirasuah berjanji akan memaparkan lebih lengkap dalam pemberian keterangan pers yang digelar pada Rabu esok. Operasi senyap digelar tak lama usai Dewan Pengawas KPK resmi bekerja pada pekan ini. Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah mengeluarkan Perpres pada Minggu kemarin. 

Sesuai dengan aturan di UU baru KPK nomor 19 tahun 2019, operasi senyap baru bisa dilakukan usai digelar penyadapan. Sementara, yang memiliki kewenangan untuk memberikan izin penyadapan adalah dewan pengawas tersebut. 

Ikuti terus pemberitaan mengenai OTT KPK pertama di tahun 2020 hanya di IDN Times ya.