Sukses Konser di Indonesia, 5 Bukti Super Junior Grup KPop Rasa Lokal

Lebih dari 14 tahun berkarya, Super Junior menjadi salah satu boy band KPop yang sangat dicintai di Indonesia. Mereka beberapa kali hadir menggelar konser mereka di Jakarta, salah satunya SUPER JUNIOR WORLD TOUR – SUPER SHOW 8: INFINITE TIME yang baru saja berlangsung meriah di ICE BSD Tangerang, Sabtu(11/1). 

Sering hadir ke Jakarta membuat Leeteuk, Siwon, Donghae, Yesung, Shindong, Eunhyuk, Ryeowook dan Kyuhyun sangat familiar dengan budaya, bahasa dan kuliner khas Indonesia. Mereka bahkan menjajal beberapa kota lainnya di dalam negeri. Sehingga Super Junior kerap dilabeli oleh pencinta KPop sebagai boy band rasa lokal. Hm, seberapa lokal Yesung cs? berikut ini beberapa ulasannya. 

1. Hanya dalam kurung waktu enam bulan, Super Junior menggelar dua kali konser di Indonesia

Kehadiran Super Junior di Indonesia terbilang cukup sering jika dibandingkan dengan idola KPop lainnya. Mereka sempat menggelar konser pada Juni 2019 silam. Hanya berselang enam bulan, mereka kembali ke Indonesia dengan performa menakjubkan di konser Super Show 8.

Pada September 2019, subunit D&E pun sempat manggung di acara musik dalam negeri. Belum lagi Choi Siwon yang juga menggelar fanmeeting beberapa bulan setelah konser mereka di 2019. 

Wah, jadwal manggung di Indonesia sangat padat sehingga menyaksikan mereka sudah seperti menikmati boy band lokal ya. Akses menikmati aksi panggung mereka pun sangat mudah. 

2. Donghae sering berkomunikasi dengan fans Indonesia di media sosial dan sering berkirim surat

Di Super Show 8 pada akhir pekan ini, Donghae membacakan surat dari penggemar yang ditulis dengan Bahasa Indonesia. Pelafannya membuat penggemar kagum. 

“Saya banyak melihat komentar dari ELF Indonesia di sosial media, selain itu saya juga sering mendapatkan surat dari penggemar, saya akan membacakan salah satunya,” ujar penyanyi 33 tahun itu sembar membacakan surat cinta dari penggemar. Benar-benar boy band rasa lokal nih. 

3. Kemampuan Bahasa Indonesia yang lancar selalu menuai pujian

Tak hanya Donghae, hampir seluruh personel Super Junior memiliki kemampuan bercakap dalam bahasa Indonesia yang sangat mumpuni. Siwon misalnya yang memperkenalkan diri dengan Bahasa Indonesia dan sempat melontarkan kalimat gombal ke penggemar yang hadir di Super Show 8. 

“Rindu banget banget sekali, saya senang bertemu kalian, kamu cantik bangeett, mantul!” ucapnya tersipu malu.

4. Punya nama Indonesia juga, lho

Indonesia semakin istimewa bagi grup arahan SM Entertaiment ini ketika mereka mendapatkan nama dari Indonesia dari penggemar. Siwon bahkan memamerkan di akun Instagramnya betapa bersyukurnya ia mendapatkan nama Agung.

Donghae pun diberi nama kesayangan Dimas, serta Eunhyuk yang populer dengan panggilan Eko. Nama mereka familiar serasa teman sekolah ya. 

5. Shindong cs yang mengaku tak pernah bosan datang ke Indonesia baik untuk bekerja maupun liburan

Sukses Konser di Indonesia, 5 Bukti Super Junior Grup KPop Rasa Lokal

Berikutnya yang tak kalah meyakinkan bahwa Super Junior sangat dengan masyarakat dan penggemar di Indonesia adalah kedatangan mereka ke dalam negeri yang tak hanya untuk bekerja atau konser, bahkan berlibur. Mereka pun tak cuma tahu Jakarta saja, mereka beberapa kali melakukan trip yang menyenangkan di Bali dan Yogyakarta. 

“Aku selalu bahagia setiap kali mendengarkan akan berkunjung ke Indonesia. Gak cuma buat konser saja, Indonesia juga menjadi tempat liburan favorit saya,” cerita Shindong yang disambut meriah tepuk tangan oleh penggemar.

Sukses deh untuk Super Junior, ditunggu karya-karya selanjutnya. Jangan-jangan di masa depan akan rilis album dengan Bahasa Indonesia atau syuting video klip di dalam negeri? Kita tunggu deh kejutan dari mereka.