Universitas Harapan Medan Diharapkan Dapat Membantu Pemasaran Produk

Medan (DPR) – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si meminta kepada Universitas Harapan Medan tidak hanya memberikan pembinaan dan pelatihan saja kepada para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) melainkan juga membantu mereka untuk memasarkan produknya.

Keinginan ini disampaikan Plt Wali Kota Medan saat menerima audiensi dari Rektor Universitas Harapan Medan, di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Kamis (23/1). Dalam audiensi tersebut Rektor Universitas Harapan Medan, DR. Hj. Emmy Erwina,MA menyampaikan tujuan dirinya beraudiensi ialah untuk mendukung Pemko Medan dalam pengembangan UKM di kota Medan.

Emmy juga menjelaskan sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi maka Universitas dituntut untuk melakukan penelitian dan juga melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Saat ini lanjutnya lagi, Universitas Harapan Medan tengah melakukan kegiatan pembinaan dan pelatihan UKM kepada masyarakat di Medan Labuhan, untuk itulah Emmy berharap pembinaan dan pelatihan ini dapat terus dikembangkan ke seluruh masyarakat Kota Medan.

“Karena itu kami ingin bekerjasama dengan Pemko Medan agar pembinaan UKM ini dapat semakin luas.”kata Emmy.

Mendengar penjelasan tersebut, Plt Wali Kota Medan mengatakan saat ini yang menjadi permasalahan bagi para pelaku UKM bukanlah mengenai pelatihannya melainkan bagaimana cara mereka untuk memasarkan produknya.

“Pada umumnya pelaku UKM kita sudah mahir dalam menciptakan sebuah produk hanya saja kesulitan dalam memasarkannya, ini yang harus kita bantu, karena akan sia-sia bila mereka mampu membuat sebuah produk namun tidak mampu untuk memasarkannya.”ujar Plt Wali Kota Medan.

Karena itu Plt Wali Kota Medan ingin agar di Kota Medan ini semakin banyak pusat UKM yang menawarkan berbagai produk-produk UKM khas Kota Medan.

“Output dari pelatihan UKM ialah produknya laku di pasaran, karena itu kami harapkan para stakeholder di kota Medan mampu menciptakan kawasan dimana produk ini dapat di pasarkan dan akan ditata untuk menjadi pusat ukm seperti yang ada di jalan wajir yang sudah terkenal dengan seafoodnya”harap Plt Wali Kota Medan.(japs/rel)