Shin Tae-yong: Kemampuan U-19 Tak Sehebat Timnas Senior, tapi…

Jakarta, IDN Times – Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, akhirnya resmi memimpin latihan perdana Timnas Indonesia senior di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (14/2) malam kemarin.

Di latihan perdana ini, Shin memanggil 34 nama untuk ikuti pemusatan latihan selama seminggu ke depan. Namun, di hari pertama kemarin, baru 30 nama yang merapat ke Jakarta dan 4 nama lainnya masih absen dengan berbagai sebab.

Di pemanggilan ini sendiri, Shin Tae-yong juga memanggil 4 pemain dari Timnas U-19 yang baru selesai berlatih dan uji tanding di Thailand beberapa pekan lalu.

1. Apa alasan pemanggilan anak U-19 ke tim senior?

Shin Tae-yong: Kemampuan U-19 Tak Sehebat Timnas Senior, tapi...

Terdapat 4 nama pemain muda di daftar Timnas Indonesia senior, Shin Tae-yon pun buka suara. Ia menuturkan bahwa selama di Thailand, kualitas pemain ini sejatinya lumayan oke untuk diberi kesempatan berlatih dengan seniornya di Timnas Indonesia.

“Jujur, kemampuan pemain U-19 ini tidak sehebat pemain senior, tapi di Chiang Mai, kemampuan mereka terlihat menonjol dan untuk mempersiapkan Piala Dunia U-20, jadi dipanggil ke latihan ini agar bisa meningkat permainannya,” jelas Shin kepada awak media, Jumat (14/2) kemarin.

2. Pemanggilan pemain muda juga fokus untuk regenerasi Timnas Indonesia

Shin Tae-yong: Kemampuan U-19 Tak Sehebat Timnas Senior, tapi...

Lebih lanjut, eks pelatih Timnas Korea Selatan ini menjelaskan bahwa ada maksud di balik banyak pemain muda yang dipanggil. Selain ingin melihat kemampuan mereka, Shin juga ingin melakukan regenerasi perlahan di Timnas Indonesia senior.

“Seleksi kali ini fokus untuk masa depan sepak bola Indonesia. Meski ada yang posturnya kecil, tapi skill mereka bagus. Tapi ada juga yang skill bagus, tapi gak masuk timnas. Jadi ini upaya regenerasi,” jelas Shin Tae-yong lagi.

3. Ada 4 pemain U-19 dan 13 pemain U-23 di 34 nama Timnas Indonesia senior

Shin Tae-yong: Kemampuan U-19 Tak Sehebat Timnas Senior, tapi...

Dari 34 nama yang dipanggil Shin Tae-yong, ada total 17 pemain yang usianya masih muda atau di bawah 23 tahun. Rinciannya, ada 4 pemain dari Timnas U-19 dan 13 pemain dari Timnas U-23.

Berikut daftarnya:

Timnas U-19
Muhammad Adi Satrio (PSMS)
Pratama Arhan Alif (PSIS)
Alfeandra Dewangga (PSIS)
Irfan Jauhari (Bali United)

Timnas U-23
Muhammad Riyandi (Barito Putera)
Nadeo Argawinata (Bali United)
Bagas Adi Nugroho (Arema FC)
Andy Setyo (Persikabo)
Firza Andika (PSM Makassar)
Asnawi Bahar (PSM Makassar)
Sani Rizky (Bhayangkara FC)
TM Ichsan (Bhayangkara FC)
Rachmat Irianto (Persebaya)
Saddil Ramdani (Bhayangkara FC)
Rizky Eka Pratama (PSM Makassar)
Osvaldo Haay (Persija)
Muhammad Rafli (Arema FC)