Terpapar Covid-19, Dua Dokter dan Seorang Perawat Meninggal Dunia

Jakarta,-Sebanyak tiga petugas medis dikabarkan meninggal dunia akibat terpapar virus Corona (COVID-19) pada Sabtu 21 Maret 2020. Para dokter yakni berasal dari Bekasi, Bogor, dan dari Bintaro.

“Untuk datanya saya belum dapat, tapi nanti untuk rinciannya akan disampaikan Bu Dirut,” kata Kepala Humas RSUP Persahabatan Eryuni Yanti, Minggu (22/3/2020).

Kabar meninggalnya salah seorang dokter yang merupakan ahli bedah juga sempat diunggah dokter Pandu Priono melalui akun Twitternya.

Dalam cuitannya yang diunggah Sabtu malam, ia menyebut bahwa rekannya diduga terpapar COVID-19 saat menangani pasien yang terinfeksi virus serupa.

Sementara itu, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengatakan dua orang dokter dan seorang perawat yang telah terkonfirmasi meninggal akibat terpapar Virus Corona atau Covid-19.

“Dua dokter yang sudah konfirm meninggal. Satu dokter lagi kita nunggu berita pastinya,” ujar Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih.

Satu orang perawat yang diketahui meninggal juga telah dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan. Ia diduga adalah perawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, berusia 37 tahun, yang meninggal di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Mereka terpapar saat menjalankan tugasnya merawat pasien yang positif terjangkit Corona. Daeng mengatakan salah satu penyebabnya mereka terpapar adalah minimnya alat pelindung diri (APD). Bahkan saat ini, ia mengatakan ada juga tenaga kesehatan lain yang masih dirawat, diduga ikut terpapar virus ini.

“Banyak rumah sakit yang tidak menyediakan APD. Tapi petugas kesehatan tetap diminta kerja,” kata Daeng.(dna/lp/tmp)