5 Jawaban Ampuh untuk Hadapi Orang yang Sok Tahu, Bakalan Tobat!

Orang yang seolah-olah tahu akan banyak hal, mendambakan berbagai pujian dan enggan terlihat bahwa ia juga manusia biasa yang ada salah, merupakan ciri-ciri orang menyebalkan biasa hadir di sekitar kita. Menjelma menjadi anggota keluarga, teman bahkan pasangan.

Jika kamu pusing dengan kesoktahuan orang-orang itu dan ingin coba kamu hentikan, bisa menggunakan lima jawaban ini yang akan membuatnya bisa sadar.

1. Dengarkan ocehannya dan jawab seperlunya

5 Jawaban Ampuh untuk Hadapi Orang yang Sok Tahu, Bakalan Tobat!

Mendengarkan ocehan orang yang sok tahu memang menyebalkan. Walaupun yang ia katakan belum tentu fakta namun sebagai orang yang ingin menghargai orang lain. Kamu juga perlu mendengarkan suaranya.

Jawab pertanyaannya seperlunya saja. Kalau bisa sesingkat-singkatnya. Toh, dengan sendirinya dia akan sadar bahwa percuma menunjukkan kesok tahuan kepadamu yang tak tertarik.

2. Sekali-kali tunjukkan bahwa kamu juga bisa, agar sadar di atas langit masih ada langit

5 Jawaban Ampuh untuk Hadapi Orang yang Sok Tahu, Bakalan Tobat!

Sekali-kali membantah pernyataannya tak apa-apa. Bukan berarti ingin menjatuhkannya, hanya ingin membuatnya sadar bahwa diatas langit masih ada langit. Kamu juga tahu dan menunjukkan bahwa kamu juga tahu banyak hal. Semuannya kamu tunjukkan dengan bukti.

Contohnya ketika dia merasa kamu harus melakukan ini itu yang ia rasa itu baik. Padahal jelas itu merugikanmu, dan terkadang ia terlalu ikut campur urusan orang lain. Untuk itu katakan dengan tegas: “Tak usah menjadi orang yang sok tahu kalau ujung-ujungnya keliru.” Kalau bisa lakukan dengan senyum tulus agar dia tak terlalu tersinggung.

3. Orang sok tahu haus akan pujian, untuk itu tak usah memberikan pujian

5 Jawaban Ampuh untuk Hadapi Orang yang Sok Tahu, Bakalan Tobat!

Apa sih sebenarnya tujuan orang sok tahu melakukan semua hal? Merasa dirinya adalah terbaik, yang paling benar dan mengetahui berbagai hal. Mungkin pertanyaan semacam terbesit dipikiranmu. Yang jelas orang sok tahu sangat suka jika dirinya dipuji.

Semakin kamu mumujinya menunjukkan bahwa dirinya itu adalah orang hebat. Mereka akan terus melakukan itu agar mereka luar biasa. Jadi tak usah memberikan perhatian apalagi pujian pada mereka orang sok tahu.

4. Orang sok tahu biasanya kepo, coba tanya apa sih maunya?

5 Jawaban Ampuh untuk Hadapi Orang yang Sok Tahu, Bakalan Tobat!

Orang sok tahu itu biasanya jiwa kekepoannya tingkat tinggi. Untuk itu tak ada salahnya saat ia sering bertanya kepadamu dan pertanyaannya mengarah ke hal pribadi. Membuatmu risih dan merasa kesal sendiri.

Coba tanyakan sebenarnya apa sih tujuannya. Ingin membantumu atau hanya ingin tahu saja. Jika sadar kehadirannya mengganggu pasti orang yang sok tahu itu bisa diam.

5. Bersikap tegas bahwa jika kamu tak suka dengan orang sok tahu maka katakan tidak suka

5 Jawaban Ampuh untuk Hadapi Orang yang Sok Tahu, Bakalan Tobat!

Tak ada yang harus ditutup-tutupi. Jika berbagai cara diatas telah kamu lakukan dan tak ada satupun yang berhasil. Saatnya bersikap tegas pada orang yang sok tahu. Bahwa kamu tak menyukai tingkahnya yang sok tahu itu.

Katakan terus terang walaupun akan menyakitkan setidaknya lebih baik. Daripada diam-diam menyimpan benci itu tak baik. Dengan sendirinya orang yang sok tahu paham kamu tak menyukai sikapnya dan semoga ia bisa bertaubat dengan sifat ke sok tahuannya.

Beberapa hal yang bisa kamu terapkan saat berhadapan dengan orang sok tahu. Bisa kamu lakukan secepatnya. Siapa tahu berhasil.