10 Karakter Film yang Paling Melekat dengan Sosok Keanu Reeves

Keanu Reeves merupakan seorang aktor senior yang sudah malang melintang dalam dunia perfilman Hollywood. Mulai berkarier pada tahun 1980-an, sudah tak terhitung berapa banyak film yang telah dibintang oleh sosok yang melekat dengan karakter Neo dan John Wick ini.

Selain Neo dan John Wick, masih ada lagi loh karakter yang melekat dengan Keanu Reeves. Dan di bawah ini adalah 10 karakter dalam film yang sangat melekat dengan sosok Keanu Reeves.

1. Ted “Theodore” Logan

Seri TV berjudul Bill and Ted adalah franchise pertama yang diperankan oleh Keanu Reeves. Dalam dua season pertama, Keanu Reeves memerankan Ted, seorang remaja bodoh namun benar-benar baik yang membentuk sebuah band rock bernama Wyld Stallyns dengan temannya Bill. Mereka menemukan inspirasi setelah mengalami petualangan luar biasa di masa lalu. 

Serial TV ini membuka jalan bagi seorang Keanu Reeves untuk menjajal di dunia Hollywood, karakter Ted dalam film ini sangatlah kuat.

2. Neo

Thomas Anderson alias Neo merupakan sosok pahlawan yang sangat sempurna. Dia awalnya seorang hacker yang secara tidak sadar menyadari bahwa dia terjebak di dunia yang bukan miliknya. Kemudian melalui pesan-pesan bawah sadar dan sosok mengerikan bernama Morpheus, Neo dibuat sadar akan sebuah realitas simulasi yang disebut Matrix di mana ia sebenarnya berada.

3. Klaatu

Klaatu adalah alien yang kuat dari luar bumi yang menyamar sebagai manusia. Dia memiliki kekuatan yang cukup untuk menghancurkan planet Bumi, tugas yang telah dia dapatkan. Tapi sekarang terserah pada Klaatu apakah dia akan menjadi penghancur atau tidak. Film mengangkat beberapa tema lingkungan, menunjukkan bagaimana manusia menghancurkan planet ini sendiri melalui aktivitas mereka.

4. John Constantine

John Constantine adalah ahli demonologi dari DC Comic Univers. Dikisahkan John merupakan pemabuk asal Inggris yang pintar berbicara, yang memiliki banyak kesalahan di neraka. Keanu Reeves menciptakan kembali karakter yang menghilangkan aksen Inggris.

John versi Keanu merupakan karakter yang lebih membumi, yang tahu kekuatannya untuk mengubah dunia. Dia memiliki kemampuan untuk mengenali malaikat dan setan yang menyamar sebagai manusia di Bumi. Sihir, penolakan terhadap telepati, pengetahuan tentang mantra pengusiran setan, necromancy dan banyak keterampilan lainnya adalah kelebihan dari sosok John Constantine.

5. John Wick

John Wick adalah seorang pembunuh bayaran yang sudah pensiun, ia keluar dari masa pensiun ketika anjing peliharaannya dibunuh. Dia kemudian memutuskan untuk mencari pemubunuh anjing peliharaannya, ayah gangster-nya dan kemudian rekan-rekan ayah gangster itu.

Untuk saat ini, John Wick adalah Keanu Reeves dan Keanu Reeves adalah John Wick. Karakter ini sangat melekak pada Keanu. 

6. Kai

Kai adalah setengah orang Inggris, setengah orang Jepang yang diasingkan lalu ia bergabung dengan liga para samurai bernama Ronin, yang memulai upaya untuk membalas pembunuhan tuan mereka. Dia awalnya menghadapi banyak penilaian negatif dari Ronin lainnya, tetapi keterampilannya menggunakan pedang membantunya dalam mendapatkan kepercayaan dari mereka.

Sepanjang film, Kai membuktikan kemampuannya bertarung, tidak hanya manusia, tetapi juga menghadapi penyihir dan monster. Film ini dipuji karena urutan pertempuran dan efek visual yang sangat bagus tetapi dikritik karena alur cerita yang tidak rapih.

7. Donaka Mark

Dalam debut sutradara Man of Tai Chi, Keanu Reeves memutuskan untuk memainkan karakter penjahat. Donaka Mark pertama kali muncul untuk menggoda Tiger Chen Linhu menggunakan keterampilannya dalam seni bela diri Tai Chi untuk mendapatkan uang. Tapi kemudian Mark memiliki motif terselubung, ia adalah seorang seniman bela diri yang mematikan.

Namun, Keanu Reeves bukan seorang praktisi Tai Chi dalam kehidupan nyata. Keanu adalah seorang praktisi dari Jiu-Jitsu, bentuk seni bertarung yang juga dipraktikkan oleh aktor seperti Jason Statham dan mendiang Paul Walker. 

8. Johnny Mnemonic

Johnny Mnemonic adalah pembawa informasi dalam film distopia futuristik seperti Blade Runner. Ia memiliki implan otak sibernetik, yang dirancang untuk menyimpan informasi sensitif yang tidak dapat ditransmisikan di internet. Ketika seorang klien menyimpan nilai penyimpanan yang sangat tinggi (yang dapat menghapus ingatannya atau bahkan membunuhnya). Lalu Johnny menyadari bahwa Yakuza sedang mengejarnya karena informasi sensitif yang dibawanya.

9. Johnny Utah

Dalam aksi film rilisan 90-an berjudul Point Break, Keanu Reeves memerankan karakter Johnny Utah. Johny adalah seorang agen FBI yang menyamar, yang berteman dengan surfer Bodhi yang diperankan oleh Patrick Swayze. Ternyata Bodhi adalah pemimpin sekelompok perampok bank dan ini menjadi ujian bagi moral Utah.

10. Jack Traven

Jack Traven adalah seorang perwira polisi yang bekerja untuk tim SWAT LAPD. Di film Speed, tugas utamanya adalah terus mengendarai bus kencang karena jika berhenti, bom di atas bus akan meledak. Ini pada dasarnya Die Hard di bus!

Sepanjang film, Jack Traven merupakan seorang ahli senjata, ia dengan lancar menggunakan senjata ringan hingga senapan mesin tergantung pada bahaya yang ia hadapi. Keterampilan bertarung hand-to-hand juga terlihat dalam adegan di mana Jack melawan Payne di atas kereta. Namun, kesabaran dan kecerdasannya tercermin juga karena menangani bus dengan bom yang terpasang di sana.

Nah itulah 10 karakter dalam film yang sangat melekat dengan sosok Keanu Reeves. Mana nih karakter film dari Keanu Reeves yang paling ikonik menurut kamu?