Informasi Rute, Harga, dan Tips Liburan ke Situs Warungboto Yogyakarta

Destinasi di Yogyakarta memang tak pernah ada habisnya. Hampir setiap tahun selalu ada saja yang baru dan menarik perhatian wisatawan. Jenisnya pun beragam, mulai dari wisata alam hingga sejarah, semuanya ada.

Salah satu wisata yang lagi ramai yakni Situs Warungboto. Bangunan megah nan kokoh ini awalnya tak terlalu dilirik. Namun, setelah menjadi lokasi pre wedding Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, kini jadi ramai.

Semua sudutnya terlihat estetik, bahkan cocok jadi latar berfoto. Belum lagi dengan sejarah di baliknya. Berikut informasi selengkapnya yang bisa kamu jadikan bekal selama liburan ke sana.

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Informasi Rute, Harga, dan Tips Liburan ke Situs Warungboto Yogyakarta

Lokasi: Jalan Veteran Nomor 77, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00

Harga: gratis

2. Rute terbaik menuju Situs Warungboto

Informasi Rute, Harga, dan Tips Liburan ke Situs Warungboto Yogyakarta

Sangat mudah menjangkau Situs Warungboto. Kalau kamu dari pusat Kota Yogyakarta, yakni Malioboro, melajulah hingga bertemu Mirota Galery. Kemudian, belok ke kiri memasuki Jalan Suryatmajan. Lanjutkan perjalananmu hingga ke Jalan Juminahan.

Saat bertemu perempatan, lurus terus memasuki Jalan Bausasran. Lanjutkan hingga Jalan Gayam dan Jalan Bung Tarjo. Sesampainya di depan SMK Negeri 5 Yogyakarta, belok ke kanan menuju Jalan Kenari.

Setelah itu, masuk ke Jalan Veteran dan lurus terus hingga melewati Kebun Binatang Gembira Loka. Teruskan perjalanan mengikuti arah jalan. Setelah melewati Gang Umbul, kamu akan melihat Situs Warungbroto di sebelah kiri jalan.

3. Sejarah tentang Situs Warungboto

Informasi Rute, Harga, dan Tips Liburan ke Situs Warungboto Yogyakarta

Bangunan bersejarah ini sebenarnya sebuah petilasan. Dibangun pada masa pemeriintahan Sultan Hamengkubuwono I dan diteruskan hingga pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II. Dulunya, terdapat sumber mata air di sini, sehingga jadi tempat pemandaian khusus Keraton.

Bentuk bangunan ini sebenarnya tak terlalu kuno, karena dari sisi estetikanya tampak modern. Terdapat taman serta kolam yang sekarang kosong di dalam situs. Kalau dihitung dari tahun Masehi, Situs Warungboto dibangun pada awal 1785, lho.

4. Beragam spot foto di Situs Warungboto

Informasi Rute, Harga, dan Tips Liburan ke Situs Warungboto Yogyakarta

Daya tarik Situs Warungboto adalah bentuk bangunannya yang estetik. Destinasi wisata satu ini tak terlalu luas, sehingga kamu bisa menjelajahinya dalam hitungan menit saja. Namun, yang biasanya membuat lama menjelajah adalah berfoto.

Berfoto di Situs Warungboto jadi hal wajib. Hampir seluruh sudutnya indah dan bisa dijadikan latar yang apik. Spot utama di sini berupa taman dikelilingi kamar. Kalau kamu foto di tengah-tengah, maka kamu bakal mendapat objek kolam dan tamannya. Indah banget!

Informasi Rute, Harga, dan Tips Liburan ke Situs Warungboto Yogyakarta

Terdapat pula lorong-lorong yang terlihat gelap, sehingga sedikit mengerikan. Namun, spot ini bisa jadi sangat indah jika ada pantulan sinar matahari. Cahaya yang menembus melalui celah dan pintu semakin membuat hasil fotomu tampak estetik tingkat tinggi.

Sekilas, kamu akan merasa hasil fotomu nampak sama dengan di Tamansari. Namun, lorong-lorong di Situs Warungboto tak sepanjang yang ada di Tamansari. Kalau warna bangunannya memang nampar serupa.

5. Tips yang bisa kamu terapkan

Informasi Rute, Harga, dan Tips Liburan ke Situs Warungboto Yogyakarta

Tips-tipsnya:

  1. Hindari datang saat musim liburan atau akhir pekan. Suasana di tempat ini bakal ramai banget, kamu jadi gak bisa mengambil foto dengan baik.
  2. Waktu paling tepat untuk datang adalah pagi dan sore hari, karena tidak terlalu panas. Kalau pagi, kamu bisa mendapatkan cahaya yang tepat. Beda lagi kalau sore, cahaya oranyenya mengagumkan.
  3. Bawalah topi atau payung, karena tempat ini cenderung outdoor.
  4. Gunakan pakaian yang nyaman dan kece. Suasana di sini bakal panas kalau siang hari, pastikan bajumu tak terlalu tebal supaya tidak kegerahan.

Nah, itulah info seputar wisata di Situs Warungboto yang bisa kamu jadikan panduan saat liburan ke sana. Jadi, kapan nih mau berangkat?